Klub Mobil

Jeep Lovers Gelar 1st Jamboree di Fasilitas Off Road Terbesar Asia Tenggara

Jambore Jeep berlangsung semarak lantaran memfasilitasi hobbi 'berkubang' para pengguna Jeep di Indonesia. JL
Jambore Jeep berlangsung semarak lantaran memfasilitasi hobbi 'berkubang' para pengguna Jeep di Indonesia. JL

Autogear.id – Para pengguna dan pecinta Jeep di Tanah Air belum lama ini melakukan kumpul akbar, bersama-sama melakukan kegiatan 1st Jamboree Jeep Indonesia. Merupakan kegiatan jambore Jeep pertama di Indonesia yang diinisiasi oleh DAS Indonesia Motor, selaku agen pemegang merek (APM) Jeep di Indonesia.

Diselenggarakan di Jeep Station Indonesia (JSI) Resort, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, total ada 120 mobil dengan 300 peserta yang hadir. Mereka adalah perwakilan dari komunitas JK One, JK Owners Indonesia, JK Merah Putih Community (JKMPC), JSI Community, JL Owners Indonesia, dan Broser 4x4. Semuanya berbaur saling merajut rasa kekeluargaan sesama Jeepers.

"Kalau selama ini jambore dilaksakanan atas prakarsa komunitas sendiri. Maka kali ini kegiatan di bawah inisiasi DAS Indonesia Motor”, kata Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor, Dhani Yahya, dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, DAS ingin semakin memperkuat eksistensi Jeep di Indonesia, dengan merangkul berbagai klub dan komunitas Jeep melalui aktivitas jambore. Sementara itu Presiden Komisaris DAS Indonesia Motor, Jerry Hermawan Lo menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir di 1st Jamboree Jeep Indonesia. 

Baca Juga:
Cegah Bakteri dan Virus di Kabin Mobil, Pakai Car Air Purifier

"Jambore adalah hari raya pengguna Jeep. Di sini kita bisa saling bersilaturahmi dan bergembira bersama. Semoga acara seperti ini bisa kita selenggarakan setiap tahun," ucap Jerry.

Terdapat ragam kegiatan  1st Jamboree Jeep Indonesia, berbalut tema adventure. Pada hari pertama Jeepers dibuat hepi-hepi, oleh aktifitas fun games. Seperti tarik tambang, lomba yel-yel antar klub, bull riding, memanah dan sebagainya. Pada hari yang sama juga dihelat kontes modifikasi Jeep, dimana para pesertanya adalah perwakilan dari komunitas yang hadir. 

Lantas pada malam harinya, seraya menikmati sejuknya cuaca dan semilir angin, Jeepers disuguhkan sajian Barberque, dengan iringan live music dari Java Jive. "Seru sekali acaranya. Yang datang juga ramai. Apalagi ini jambore resmi perdana yang diadakan APM langsung. Semoga bisa diadakan lagi tahun-tahun mendatang, supaya bisa bersilaturahmi kembali," ujar Presidente Broser 4x4, David.

Hari kedua, aktifitas kian hangat. Pagi-pagi peserta sudah diwajibkan rolling thunder pada trek off road artifisial JSI Resort, yang cuma ada satu-satunya di Indonesia. Kemudian peserta masuk ke trek Jungle Off Road, yang telah dibuat sedemikian rupa dengan berbagai rintangan, demi melatih skill berkendara.

Baca Juga:
Jakarta PPKM Level-3, IIMS Hybrid 2022 Geser ke 31 Maret 2021

Tak cuma sampai situ, beberapa peserta yang hadir ikut kegiatan kompetisi Jeep Agility Off Road. Mereka diwajibkan menyelesaikan semua rintangan pada fasilitas off road  terbesar di Asia Tenggara itu. Rintangan tersebut berupa gundukan, bebatuan, ramp dengan tingkat kemiringan 45 derajat, kubangan lumpur hingga terowongan. Untuk dapat melaluinya, butuh skill, keberanian serta kendaraan mumpuni.

Sistem yang diterapkan adalah poin. Peserta dibekali 1.000 poin awal start, dengan waktu maksimal hanya 15 menit untuk menyelesaikan trek. Peserta akan dikurangi 50 poin, jika melakukan kesalahan. Seperti memundurkan mobil atau menyentuh cone.

“Ini kompetisi yang bagus sekali. Karena yang menang bukan yang tercepat, melainkan yang paling tepat waktu dalam menyelesaikan semua rintangan,” ucap Fitra Eri yang meraih juara pertama kategori Exhibition.


(uda)