Dakar Rally 2022 (Etape-8)

Sunderland Kembali Bawa Gas Gas ke Puncak Klasemen Usai Etape-8

Sam Sunderland mengamankan kemenangan di etape-8 sekaligus merebut kembali posisi teratas di klasemen sementara Dakar Rally Arab 2022. RedBull CP
Sam Sunderland mengamankan kemenangan di etape-8 sekaligus merebut kembali posisi teratas di klasemen sementara Dakar Rally Arab 2022. RedBull CP

Autogear.id - Pereli tim Gas Gas Factory, Sam Sunderland kembali merebut posisi terbaik untuk memuluskan harapannya menjadi juara di ajang Dakar Rally Arab 2022. Sunderland meraih kemenangan setelah melalui trek sepanjang 830 km (termasuk 395 km etape spesial) pada Senin (10/1). 

Bisa dibilang, sepanjang DR Arab 2022 Ia jalani di pekan pertama, baru di etape ini Ia sanggup memimpin sepanjang jalur. Ia tak pernah tersusul oleh pereli lain dan sanggup tampil konsisten dengan kecepatannya. Kondisi ini pun membawanya sebagai pemenang etape-8.

"Sepertinya kami menempuh negara yang berbeda kali ini. Kami menghadapi banyaknya perbedaan dan perubahan permukaan jalan. Mayoritas memang berpasir, namun ketika berada di ngarai atau lembah, tidak mudah. Kami harus benar-benar melihat sistem navigasi yang tepat. Saya sempat terjatuh di awal perjalanan, beruntung karena setelah mengisi bahan bakar, semuanya berjalan lebih baik," klaim Sunderland usai meraih kemenangan etape ini.

Baca Juga:
Universitas Gadjah Mada Dapat Alat Praktik Satu Unit Hino Dutro

Pablo Quintanilla yang mewakili tim Monster Energy Honda, di etape ini juga finish dengan hasil yang memuaskan. Meski tak memenangi etape, namun Ia mampu menjaga performa terbaiknya dan selisih finishnya tak jauh dari Sunderland. Ia terpaut 2 menit 53 detik saja.

Sementara Matthias Walkner yang berharap meraih hasil bagus, kali ini hanya mampu mengamankan posisi finish ketiga. Padahal ambisinya untuk mengambil alih pimpinan klasemen sangat besar. Namun ini masih belum berakhir, lantaran selisihnya dari Sunderland di klasemen sementara hanya terpaut 3 menit saja. 

Adrian van Beveren yang sempat memimpin klasemen, kali ini masih belum menunjukkan tajinya. Ia hanya beruntung karena selalu finish dan berada di 10 besar setiap etape. Padahal jika Ia ingin tetap berada di posisi tertinggi di klasemen, dibutuhkan sedikit gebrakan untuk memenangi etape.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. (GBR) SAM SUNDERLAND, GASGAS FACTORY RACING    03H 48' 02''
2. (CHL) PABLO QUINTANILLA, MONSTER ENERGY HONDA, + 00H 02' 53''    
3. (AUT) MATTHIAS WALKNER, RED BULL KTM FACTORY RACING, + 00H 04' 11''

Klasemen sementara Dakar Rally Arab 2022:
1. Sam Sunderland, KTM, 27:38:42
2. Matthias Walkner, KTM, 27:42:27, +00:03:45
3. Adrien van Beveren, YAMAHA, +00:04:43


(uda)