Tips Performa Kendaraan

3 Cara Raih Performa Terbaik dari Mesin Turbo

DFSK sarankan tiga hal ini untuk membuat performa mesin turbo mereka tetap maksimal. DFSK
DFSK sarankan tiga hal ini untuk membuat performa mesin turbo mereka tetap maksimal. DFSK

Autogear.id – Konsumen kian kemari menuntut kendaraan berperforma kuat, namun tetap ramah lingkungan. Salah satunya kendaraan yang mendapat sokongan mesin turbocharged. Mesin turbocharged diperlukan untuk memboyong tenaga berlimpah selama perjalanan. 

Mesin ini menawarkan keunggulan yang ditawarkan tak lepas dari sistem kerja turbo, yang memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin, untuk memutar baling-baling turbin. Menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume banyak.
 
Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler, sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin. Membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasil akhirnya adalah meningkatkan performa kendaraan ketika dipacu di jalanan.
 
Agar mesin mobil bisa sajikan performa terbaik selama perjalanan, pemilik wajib perhatikan sejumlah aspek kebutuhan mesin. Dikatakan PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, Jumat (25/2/2022), ada tiga aspek agar mesin turbo bekerja optimal.

Baca Juga:
Tampil Agresif, Yamaha XSR 155 Infinite Dirtbike Garapan DM Work Motorcycle

 
1. Rutin Periksa dan Ganti Oli Mesin
Oli mesin punya peran penting, karena melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya. Juga membantu menjaga suhu mobil, dan membersihkan kerak-kerak di dalam mesin. Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya, melalui dipstick. “Apabila volume oli berkurang atau kondisinya sudah keruh, pemilik bisa datang ke bengkel resmi untuk penggantian”, katanya.
 
2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat 
Agar mesin melakukan sistem pembakaran optimal, maka perlu menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan. Kendaraan bermesin turbo butuh bahan bakar minimal RON 92.
 
3. Rajin Bersihkan Filter Udara
 Kunci dari proses kerja turbo adalah udara masuk ke dalam turbin. Jadi pemilik kendaraan sebaiknya rutin bersihkan saringan udara. Jika sampai kotor, otomatis kinerja turbo menjadi tidak optimal. Terkait DFSK, sudah sejak lama merilis kendaraan bermesin turbo. Penambahan teknologi turbocharged membuat mesin 1.5L Turbo milik DFSK, mampu menggelontorkan tenaga setara mesin 2.000cc naturally aspirated.
 
Mesin 1.5L Turbo bisa ditemukan di DFSK Glory 560 dan DFSK Glory i-Auto. Contoh pada DFSK Glory 560 bermesin 1.5L Turbo, didukung tenaga 150 PS @ 5.600 rpm, dengan torsi 230 @ 1.800 - 4.000 rpm.
 
“Para insinyur di R&D DFSK merancang mesin 1.5L Turbo untuk menghadirkan pengalaman berkendara menyenangkan berkat tenaga berlimpah. Selain kemudahan perawatan, kehadiran mesin ini juga selaras kebutuhan konsumen akan mesin bertenaga dan responsif,” ungkap Rofiqi.


(uda)