Serba-Serbi MotoGP

Sesuai Prediksi, MotoGP Jerez juga Ditunda

Momen selebrasi rider tuan Marc Marquez di Sirkuit Jerez, Spanyol. circuitodejerez
Momen selebrasi rider tuan Marc Marquez di Sirkuit Jerez, Spanyol. circuitodejerez

Autogear.id: Balapan MotoGP Jerez yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 1-3 Mei 2020 akhirnya diputuskan untuk ditunda. Sebelum pengumuman ini, sudah banyak yang memprediksi kalau seri Jerez rasanya tidak bisa dipaksakan lantaran kasus penyebaran wabah Covid-19 yang masih merebak di Spanyol dan Eropa pada umumnya. 

Penundaan MotoGP Spanyol juga sekaligus satu paket dengan ditundanya seri pembuka MotoE musim ini yang juga digelar di Jerez pada tanggal yang sama.

Tak hanya itu, tes pra musim kedua untuk FIM MotoE World Cup, awalnya direncanakan untuk tanggal 8 hingga 10 April di Jerez, juga tidak akan berlangsung sesuai jadwal.

"Karena situasi tetap dalam evolusi konstan, tanggal baru untuk tes MotoE dan balapan pertama tidak dapat dikonfirmasi hingga kondisi memungkinkan. Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera," ujar keterangan resmi Dorna.

Kembali ke MotoGP, dengan penundaan seri Jerez, maka sejauh ini sudah ada lima Grand Prix yang gagal terselenggara. Mulai dari seri Qatar yang batal, lalu Thailand ditunda, kemudian Austin dan seri Argentina juga harus ditunda. Kini giliran MotoGP Jerez mengambil langkah yang sama. 

Jika melihat jadwal terbaru yang dirilis Dorna, setelah Jerez balapan MotoGP masih berputar di sekitaran negara-negara Eropa seperti MotoGP Le Mans, Perancis tanggal 17 Mei 2020, kemudian diikuti MotoGP Mugello, Italia tanggal 31 Juni 2020. 

Mengingat ketatnya pertimbangan keamanan di Eropa, bukan tidak mungkin MotoGP Le Mans dan Mugello juga akan ditunda. Kita tunggu saja pengumuman selanjutnya. 


(uda)