Cara Mudah Tambal Knalpot Motor Bocor, Bisa Pakai Bungkus Rokok!

Gambar oleh MathieuGallion dari Pixabay
Gambar oleh MathieuGallion dari Pixabay

Autogear.id - Sedang enak-enaknya memiliki motor sendiri, namun ternyata tidak telaten merawatnya. Kotor, kehujanan, tidak segera dibersihkan, melainkan hanya didiamkan saja untuk jangka waktu lama. Tahu-tahu ada saja komponennya yang rusak, karena karatan misalnya. Akibatnya, bagian yang terbuat dari logam, contohnya knalpot, tiba-tiba mengalami kebocoran.

Asap pembuangan sisa pembakaran mesin mengepul keluar, tapi tidak dari lobang knalpot. Melainkan dari celah atau bagian knalpot yang bolong akibat karatan. Dampaknya, selain mengganggu pengguna serta pengendara lain di jalan, juga menjadi penyebab turunnya performa motor.

Bila tidak segera ditangani, hal ini bisa menjadi masalah serius ke depannya lho! Eits, tapi tunggu dulu, jangan asal main ganti knalpot baru sob! Woles saja kawan, karena knalpot bocor bisa kok diperbaiki sendiri.

Berikut 5 langkah mudah menambal knalpot bocor:

1. Gunakan Lem Semen
Menambal knalpot motor bocor bisa menggunakan lem semen, sob! Lem ini terbukti ampuh, karena memiliki daya tahan panas tinggi dan kemampuan rekat yang sangat kuat. Biasanya, lem ini dijual di pasaran dengan harga hanya kisaran 20 ribu rupiah. Cukup oleskan lem semen ke area knalpot yang bocor, selesai perkara.

2. Pakai Aluminium Foil
Buat yang gemar eksperimen memasak menu makanan, aluminium foil sepertinya sudah tak asing. Material tersebut memang sering digunakan untuk memasak. Dan ternyata, selain untuk memasak dengan cara membungkus makanan menggunakan aluminium foil, bahan ini juga bisa digunakan dalam memperbaiki knalpot bocor. 

Bagaimana caranya? Gampang sob. Aluminium foil dipilin atau dilinting terlebih dahulu. Kemudian rekatkan pada bagian knalpot yang bocor. Ketika motor dihidupkan, knalpot lambat laun menjadi panas, membuat aluminium foil meleleh dan menutup bagian knalpot yang bolong tadi.

3. Manfaatkan Bungkus Rokok
Nah ini cara yang paling menarik untuk dicoba. Mungkin timbul pertanyaan kuat di benak masing-masing, apa hubungannya bungkus rokok dengan knalpot motor bocor? Ternyata ada kok. 

Ya, untuk menambal bocor pada knalpot, bisa menggunakan bungkus rokok. Benda yang banyak ditemui di tempat sampah, atau malah ditemukan di pinggir jalan, dibuang oleh orang yang tak paham kalau kebersihan merupakan sebagian dari iman. 

Caranya, kita bisa tempatkan bagian dalam dari bungkus rokok, umumnya berwarna perak atau keemasan, untuk menambal kebocoran pada knalpot. Konsep kerjanya sebenarnya mirip ketika menggunakan aluminium foil.  Dengan merekatkan bagian dalam dari bungkus rokok tersebut. Nantinya bagian itu akan meleleh dan menyatu, serta menutup bagian knalpot yang bocor.

4. Las Karbit
Langkah ini semakin mudah, karena melibatkan pihak ketiga, mekanik bengkel las karbit. Knalpot yang bocor bisa ditambal dengan cara ditutup menggunakan las karbit. Tahap ini juga lebih efisien dan rapi, dalam menutup kebocoran pada knalpot.

5. Teknik Double Packing
Kebocoran knalpot memang tak melulu terjadi karena bolong. Bisa juga bocor dari montingnya, yaitu celah sambungan antara saluran knalpot dengan mesin. Kebocoran bisa disebabkan karena paking atau perekat sambungan di dalamnya sudah aus, sobek atau lainnya. 

Kita dapat mengganti paking knalpot tadi, dan hendaknya memilih paking yang berbahan aluminium supaya tahan lama. Atau dapat pula disiasati dengan menggunakan paking dobel. Disarankan, untuk penggantian paking ini sebaiknya dikerjakan oleh orang yang lebih ahli, seperti mekanik bengkel. Bagaimana? Gampang kan?


(acf)