Dakar Rally 2022 (Etape-12)

Tak Tersentuh Sejak Awal, Attiyah Tampil Superior di Dakar Rally Arab 2022

Nasser Al Attiyah akhirnya meraih titel juara keempatnya di Dakar Rally Arab 2022 lantaran konsisten memimpin klasemen sejak etape awal hingga akhir. RedBull CP
Nasser Al Attiyah akhirnya meraih titel juara keempatnya di Dakar Rally Arab 2022 lantaran konsisten memimpin klasemen sejak etape awal hingga akhir. RedBull CP

Autogear.id - Nasser Al Attiyah adalah pereli asal Qatar yang mendominasi jalannya Dakar Rally Arab 2022 sejak etape awal hingga etape terakhir yang baru saja selesai. Etape-12 pada Jumat (14/1) yang menempuh perjalanan dari Bisha ke Jeddah sepanjang 680 km termasuk 160 km etape spesialnya, juga tak kalah seru dalam hal tantangan. 

Mengingat etape pendek ini mengajikan sistem navigasi yang cukup menantang. Jalurnya cukup banyak dan membuat para pereli sempat kebingungan. Meski finish di urutan 19 dengan selisih waktu finish sebesar 7 menit, namun tabungan waktunya yang cukup besar di klasemen, membuatnya lebih tenang.

"Dakar Rally Arab tahun ini sangat menarik bagi kami. Terakhir kali memenangi blaap ini adalah tahun 2018 lalu dan jujur saya senang dengan adanya regulasi T1 dan regulasi baru. Terdapat 3 tim yang sangat dominan dan mengambil alih kemenangan dari etape ke etape, yaitu Toyota, Audi dan BRX. Beruntung sejak etape pertama, kami bisa mencetak selisih yang signifikan dan mempertahankannya hingga balapan ini selesai," ujar Attiyah.  

Baca Juga:
Imbas CO2 Tax, Harga LCGC Daihatsu Terdongkrak Rp3 Jutaan

Pereli yang justru tampil sangat kompetitif adalah Henk Lategan yang mampu merespon dengan baik performa Stephane Peterhansel yang juga tampil superior. Sayangnya menjelang garis finish, Lategan mampu tampil agresif dan akhirnya finish di depan pereli kawakan asal Prancis itu.

Bagian lain yang menarik di etape terakhir ini adalah karena pereli asal Afrika Selatan Brian Baragwanath dari tim Century Racing, untuk pertama kalinya finish di urutan ketiga. Mereka cukup beruntung, lantaran beberapa pereli papan atas mengalami kesulitan dalam hal navigasi. Termasuk Sebastien Loeb yang hanya finish di posisi keempat.

Kemenangan Attiyah ini menjadi kemenangan pertama yang Ia raih tanpa pernah tergeser dari pemuncak klasemen sejak etape pertama. Dan ini menjadi titel juara dunianya yang keempat sejak terakhir kali meraih juara 2018 lalu.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. (ZAF) HENK LATEGAN, TOYOTA GAZOO RACING, 01H 35' 19''
2. (FRA) STÉPHANE PETERHANSEL, TEAM AUDI SPORT, + 00H 00' 49''    
3. (ZAF) BRIAN BARAGWANATH, CENTURY RACING, + 00H 01' 51'' 

Klasemen Akhir Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. Nasser Al-Attiyah, Toyota, 38:33'03.
2. Sebastien Loeb, Prodrive, 39:00'49.
3. Yazeed Al-Rajhi, Toyota, 39:34'16.


(uda)