Halo Ladies, Ini yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Berkendara Motor

Gambar oleh Adina Voicu dari Pixabay
Gambar oleh Adina Voicu dari Pixabay

Autogear.id - Zaman sekarang, sudah hal lumrah ketika kita melihat wanita mengendarai motor. Seperti halnya kaum adam, yang juga selalu menggunakan motor sebagai salah satu pilihan berkendara dalam kesehariannya.

Hampir sebagian besar perempuan menggunakan motor tipe matik, karena lebih mudah dan praktis saat dikendarai. Namun tak sedikit pula yang mengendarai motor tipe lain, seperti motor tipe Cub atau bebek dan motor kopling atau tipe Sport.

Tetapi sangat perlu diperhatikan. Dalam berkendara motor, potensi terjadinya kecelakaan dapat menimpa siapa saja. Bisa tua dan muda, serta tak pandang jenis kelamin. Oleh karena itu sebagai pengendara motor, khususnya kaum wanita, perlu untuk selalu berhati-hati. Dengan memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat memicu risiko terjadinya kecelakaan. 

Jadi apapun tipe motor yang digunakan oleh wanita saat berkendara, wajib tentunya memahami dan memperhatikan sejumlah tips berkendara, agar dapat berkendara dengan rasa aman dan nyaman. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Berikut, Autogear.id merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan para wanita saat mengendarai motor:

1. Perlengkapan Berkendara
Standar perlengkapan berkendara yang wajib digunakan, meliputi helm, jaket, dan sarung tangan. “Jangan sampai mengabaikan perlengkapan berkendara. Karena itu semua dapat melindungi pengendara dari risiko fatalitas akibat kecelakaan,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Sebut saja, helm misalnya. Berfungsi melindungi rahang dan otak belakang, bila terjadi benturan pada kepala. Jaket yang berfungsi menahan terpaan angin pada saat berkendara, dan membantu mengurangi luka parah bila terjadi gesekan pada kulit saat terjatuh. Kemudian sarung tangan yang membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip atau setang kemudi.

2. Kelengkapan Surat Berkendara
Persiapan berkendara lainnya adalah dengan memastikan surat-surat penting, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Semua harus lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya.

“Hal ini sangat penting. Terlebih bila di tengah perjalanan terjadi pemeriksaan dari pihak kepolisian atau terjadi sesuatu kendala di jalan raya,” kata Ludhy.

3. Tidak Menggunakan Sepatu Hak tinggi
Nah ini sangat penting. Umumnya kaum hawa menggunakan sepatu hak tinggi, agar penampilan lebih stylish. Gak salah juga sih. Tetapi agak kurang cocok kalau sedang berkendara motor.

Jika ingin nyaman saat berkendara motor dan tidak menyebabkan bahaya pada diri sendiri, serta orang lain, maka, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. Gunakan flat shoes atau sneakers. 

Artinya, hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya. Alangkah lebih baik menggunakan sepatu riding. Nanti sesampainya di lokasi tujuan, seperti kantor atau kampus, bisa diganti dengan sepatu yang sesuai.

4. Hindari Memakai Rok
Memang kaum perempuan identik dengan rok, sehingga terkesan feminim. Tetapi Ludhy mengatakan, sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai motor dengan memakai rok. 

“Apalagi mengenakan rok ketat, yang dapat mempengaruhi rentang kaki si pengendara saat berada di jalan raya, yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak,” tukasnya.

Pengendara juga tentu harus menghindari rok tersingkap tertiup angin, ketika berkendara di jalan raya. Karena angin akan terasa lebih kencang saat sedang naik motor. 

“Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, alangkah baiknya memakai dobelan celana panjang di dalam rok yang nyaman dipakai. Selanjutnya, bisa pengendara menggantinya di toilet atau ruang ganti,” pungkasnya.
 


(acf)