Dakar Rally 2022 (Etape-10)

Beveren Kembali ke Puncak Klasemen, Price Menangi Etape-10

Toby Price kembali memenangi etape-10, namun Adrian Van Beveren yang meraup untung besar lantaran kembali ke pimpinan klasemen sementara. RedBull CP
Toby Price kembali memenangi etape-10, namun Adrian Van Beveren yang meraup untung besar lantaran kembali ke pimpinan klasemen sementara. RedBull CP

Autogear.id - Para pereli di Dakar Rally Arab 2022 seperti diberikan kesempatan untuk saling mengambil alih pimpinan klasemen sementara jelang posisi finish, untuk membuat ajang ini kian seru. Betapa tidak, Adrian Van Beveren yang menggunakan Yamaha dan belum pernah meraih kemenangan etape sekali pun, kembali menjadi pemimpin di klasemen.

Hal ini terjadi kembali setelah etape-10 dimenangi oleh Toby Price yang sebelumnya tampil kurang baik. Pereli asal Australia itu tampil superior di lintasan sepanjang 759 km termasuk 375 km etape spesialnya dari Wadi Ad Dawasir ke Bisha pada Rabu (12/1).

"Menyenangkan sekali bisa meraih kemenangan etape tanpa melakukan kesalahan fatal. Memang di etape ini membaca sistem navigasi adalah tugas besar dan saya berupaya agar tidak keluar dari roadbook yang telah ditetapkan. Saya hanya berharap pereli di depan, melakukan beberapa kesalahan agar bisa memanfaatkan peluang untuk tampil lebih baik dan mengejar ketertinggalan," papar Price.

Sayang, selisih waktunya dari Luciano Benavides yang menggunakan motor Husqvarna, hanya terpaut 2 menit saja. Ia juga hanya memangkas waktu yang tidak terlalu signifikan dengan Beveren, lantaran selisihnya hanya 3 menit. Sehingga tidak ada peningkatan waktu yang cukup besar di klasemen. Apalagi Beveren mampu meraih posisi finish di urutan ketiga.

Baca Juga:
Viral Serial Layangan Putus, Ini Spesifikasi dan Harga Mobil yang Digunakan Kinan dan Lidya

Padahal sehari sebelumnya posisinya melorot ke urutan ketiga. Memang selisih antara para pereli hingga di urutan ketujuh, hanya terpaut 10 menit saja. Selisih ini terbilang tak ada artinya dibanding waktu tempuh yang bisa saja gagal dilalui oleh pereli dalam satu etape. 

Sementara Sum Sunderland yang sebelumnya memimpin klasemen sementara, di etape ini finish cukup jauh di belakang dengan selisih waktu tercepat 11 menit. Secara otomatis ini memangkas pencapaiannya di klasemen dan membuat waktunya mundur cukup jauh di belakang dan melorot ke urutan kedua.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. (AUS) TOBY PRICE, RED BULL KTM FACTORY RACING, 03H 05' 32''
2. (ARG) LUCIANO BENAVIDES, HUSQVARNA FACTORY RACING, + 00H 02' 09''    
3. (FRA) ADRIEN VAN BEVEREN, MONSTER ENERGY YAMAHA RT, + 00H 03' 35''

Klasemen Sementara Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. Adrien van Beveren, YAMAHA, 33:27:06
2. Sam Sunderland, KTM, +00:05:59
3. Pablo Quintanilla, HONDA, +00:06:15 (penalti 02 menit)


(uda)