Sempat Vakum, MJI Akhirnya Gelar Touring Sambil Baksos

Peserta touring MJI melintas di salah satu pantai di rute yang dilewati (Foto: Mercedes Jip Indonesia)
Peserta touring MJI melintas di salah satu pantai di rute yang dilewati (Foto: Mercedes Jip Indonesia)

Autogear.id - Setelah sempat vakum dari berbagai kegiatan akibat pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air, akhirnya komunitas mobil Mercedes Jip Indonesia (MJI) kembali beranjak dari peraduan.

Mercedes Jip Indonesia (MJI) sebagai klub otomotif yang berdiri sejak 20 tahun silam ini kembali beraktivitas. Diawali aneka kegiatan kecil di seputaran Jakarta dan juga sempat melakukan kemping di salah satu objek wisata.

Puncaknya, pada 16-23 Desember 2021, sebagian penyuka Mercedes-Benz G-Class ini menggelar 'MJI Overland Touring 2021'. Sebuah kegiatan yang sebenarnya selama ini sudah menjadi agenda tahunan MJI.

Aryo GP, Ketua Pelaksana MJI Overland Touring 2021 mengatakan, touring kali ini sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya, karena masih dalam kondisi transisi dari pandemi. 

“Kendati demikian, kita tetap selalu mengedepankan protokol kesehatan. Dimana salah satu yang kami wajibkan adalah seluruh peserta sebelum berangkat harus melakukan Swab PCR”, jelasnya.

MJI Overland Touring 2021 yang didukung perusahaan minyak Pertamina ini mengambil rute Jakarta – Surabaya – Banyuwangi – Bali dan diikuti tak kurang 40 kendaraan. Singgah sejenak di Kota Pahlawan, Surabaya, kemudian rombongan melanjutkan perjalanan.

Setibanya di Banyuwangi seluruh peserta yang mencapai sekitar 100 orang tersebut diajak mengeksplor salah satu lokasi eksotis di wilayah Bondowoso, yaitu Kawah Wurung, sebagai salah satu destinasi wisata terbaik versi dunia.

Puas menikmati Kawah Wurung, konvoi melanjutkan perjalanan menuju Pulau Dewata dan beristirahat selama satu hari di sana. Setelah stamina kembali prima, rombongan melanjutkan petualangan menyusuri jalanan di hutan dan menyisir salah satu pantai di kawasan Bali Barat.

Perjalanan MJI Overland Touring 2021 mengambil titik finis di Black Lava, sebuah taman lava hitam yang terbentuk dari bekuan lava panas Gunung Batur. 

"Pulau Bali menjadi penutup rangkaian MJI Overland Touring 2021. Alhamdulillah seluruh rangkaian acara dan perjalanan touring ini berlangsung lancar. Ada sedikit kendala dari kendaraan peserta, tapi semua bisa tertangani. Semoga dengan meredanya pandemi, ragam kegiatan MJI seperti ini bisa terus terlaksana," urai Aryo.

Tak hanya melintas rute jarak jauh, MJI Overland Touring 2021 juga menggelar aksi kemanusiaan di beberapa daerah. Di antaranya kepada para korban erupsi Gunung Semeru, di Banyuwangi mereka mengunjungi sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB). 

Sewaktu menjejakkan kaki di Pulau Bali, MJI Peduli berkolaborasi dengan Mercedes-Benz Club Bali, memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Pemuteran.

Klub MJI juga sebelumnya telah menyalurkan bantuan ke beberapa tempat. Seperti di wilayah Banten kepada panti asuhan Beriku Hati, Attarbiyah, dan yayasan Sayap Ibu.

Selain Banten, tentunya MJI Peduli menyasar wilayah Jakarta, dimana donasi mereka salurkan ke panti Wreda Tresna Werdha Budi Mulia Margaguna dan Werdha Jelambar.

Sementara di wilayah Bandung, Jawa Barat, MJI Peduli juga menyasar yayasan Al-Furqon Gemilang. Lalu di Yogyakarta kepada panti asuhan Buah Hati, Asy Syafifah, Ghifari dan Bina Putra. 

Sedangkan di wilayah Bekasi, Jawa Barat, MJI Peduli juga menyalurkan bantuan ke panti asuhan Guardian Holy Angel. Dan di Pekanbaru, perwakilan MJI Peduli juga melakukan donasi ke yayasan Rumah Bintang.


(acf)