Dakar Rally 2022 (Etape-11)

Kembali ke Puncak Klasemen, Sunderland Pasang Harapan Tinggi

Kevin Benavides menangi etape 11 hanya dengan selisih waktu tercepat 4 detik saja dari Sam Sunderland. RedBull CP
Kevin Benavides menangi etape 11 hanya dengan selisih waktu tercepat 4 detik saja dari Sam Sunderland. RedBull CP

Autogear.id - Fluktuasi pencapaian waktu tercepat di tiap etape Dakar Rally Arab 2022, memang sangat beragam. Jika di 10 etape pertama Adrian Van Beveren cukup konsisten menjadi meraih waktu terbaik, kini Ia harus tersingkir dari puncak klasemen. Bahkan tak main-main, selisihnya kini dari Sam Sunderland yang kini kembali ke pucuk klasemen, terpaut 15 menit.

Apalagi setelah mengakhiri etape-11 dengan selisih finish dari Kevin Benavies hanya terpaut 4 detik. Ini menjadi keuntungan tersendiri baginya. Benavides pun hanya mampu terlihat pasrah meski di etape sepanjang 501 km termasuk 346 km etape spesial yang ditempuh mengitari sisi utara Bisha pada Kamis (13/1/).

"Mengawali etape ini sangat sulit bagi kami banyak pereli. Mengingat banyak juga yang rupanya mengalami salah arah. Hal inilah yang berusaha saya jaga, terutama soal seberapa tepat kami membaca arah yang tepat ke garis finish. Tentu tak mudah, tapi kami sudah berada di zona yang tepat dan berharap bisa mengakhirinya dengan baik," klaim Sunderland.

Pereli yang kembali menunjukkan tajinya di etape ini adalah pereli yang menggunakan motor asal negara Bollywood yaitu Joaquim Rodrigues. Ia menggunakan motor Hero dan kali ini finish di urutan ketiga. Sayangnya ini tak cukup menolong posisinya di klasemen, lantaran selisih waktunya dari Sunderland terpaut sangat jauh. 

Sementara Beveren yang mengalami nasib kurang beruntung di etape ini, menganggap bahwa kesalahan navigasi yang Ia rasakan, membuatnya nyaris kehabisan bensin. Padahal posisinya cukup menjanjikan untuk bertarung titel juara, namun dengan selisih lebih dari 15 menit, rasanya agak berat jika Ia tak mencetak selisih waktu yang signifikan. 

"Saya kehilangan banyak waktu setelah memasuki etape spesial dan tak satu pun yang bisa menolong. Ya ini adalah etape yang berat bagiku. Namun kami tetap akan berupaya untuk finish dengan selisih waktu yang kompetitif di etape terakhir," ujarnya.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. (ARG) KEVIN BENAVIDES, RED BULL KTM FACTORY RACING, 03H 30' 56''
2. (GBR) SAM SUNDERLAND, GASGAS FACTORY RACING, + 00H 00' 04''    
3. (PRT) JOAQUIM RODRIGUES, HERO MOTOSPORTS TEAM RALLY, + 00H 02' 26''

Klasemen Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. Sam Sunderland, KTM, 37:04:05
2. Pablo Quintanilla, HONDA, +00:06:52     (penalti 1 menit)
3. Matthias Walkner, KTM,+00:07:15


(uda)