Cal Crutchlow Batal Pensiun, Akan Kembali Balapan Bersama Yamaha

Foto: Instagram Cal Crutchlow
Foto: Instagram Cal Crutchlow

Autogear.id - Setelah kabar Dani Pedrosa kembali turun balap di ajang MotoGP, informasi terbaru juga mengabarkan, kalau Cal Crutchlow akan kembali turun gunung dan balapan di ajang MotoGP. 

Crutchlow diketahui sempat memutuskan pensiun dari salah satu balapan motor bergengsi di dunia itu pada akhir musim lalu. Tapi ternyata keputusannya berubah. Pembalap asal Inggris ini akan turun sirkuit lagi, menggantikan Franco Morbidelli. Oh ya, musim lalu Crutchlow balapan dengan motor Honda.

Dikutip dari Crash, Petronas Yamaha telah mengkonfirmasi, bahwa Cal Crutchlow akan bergabung dengan tim sebagai pengganti Morbidelli yang cedera. Crutchlow dikabarkan akan balapan dengan motor Yamaha pada tiga seri berikutnya, yaitu dua seri di Austria dan satu seri di Inggris.

Status Crutchlow sendiri saat ini bertugas sebagai pembalap penguji Yamaha. Sebelumnya posisi tersebut diisi Jorge Lorenzo. Usai dikabarkan gantikan Morbidelli, berarti Crutchlow kembali ke motor Yamaha M1. Tunggangan yang ia besut pada awal kariernya di MotoGP-nya bersama tim Tech3, sekitar tahun 2011-2013.

Morbidelli sementara harus rehat, karena mengalami cedera pada bagian lutut, dan harus naik meja operasi. Cedera Morbidelli sebetulnya sudah dirasakannya sejak awal Juni lalu. Sampai akhirnya ditambah ia harus mengalami crash, ketika mengikuti sesi latihan bebas di MotoGP Prancis.

Alhasil, akibat insiden itu, Morbidelli makin mengalami rasa sakit yang menjadi pada lututnya. Ketika diperiksa, dokter menyatakan kondisi lututnya jelas tidak memungkinkan Morbidelli dipaksa turun balap. Keputusannya, Morbidelli harus menjalani recovery selama kurang lebih delapan pekan, untuk menjalani program rehabilitasi.

Berarti, bila mengacu jadwal kalender MotoGP, kemungkinan rider asal Italia itu baru bisa kembali balap pada seri MotoGP Austria, yang digelar pertengahan Agustus.

Senada dengan apa yang disampaikan Razlan Razali, Kepala Tim Yamaha Petronas SRT, bahwa kembalinya Morbidelli ke lintasan sulit terwujud dalam waktu dekat. Malah kemungkinan Morbidelli baru bisa tampil saat MotoGP Misano, September mendatang.

"Franco (Morbidelli) pulih dengan baik dari operasi lututnya. Tapi kami ingin pastikan, dia dalam kondisi 100% fit sebelum kembali. Jadi saya pikir, kami tidak bisa mengharapkan dia balapan lagi, sampai MotoGP Misano. Meskipun sebenarnya saya berharap bisa lebih cepat," kata Razali.

Sewaktu gelaran MotoGP Belanda, Morbidelli sempat digantikan oleh pembalap World Superbike (WSBK) Garrett Gerloff. Tetapi sayangnya, pembalap asal Amerika itu tidak bisa menggantikan Morbidelli di Austria, karena ia punya komitmen dengan Superbike. Sampai akhirnya diputuskan, Crutchlow sebagai pembalap penguji yang menggantikan Morbidelli. Welcome back, Cal..!


(acf)