Jangan Asal Pasang Aksesoris Mobil, Ini Tipsnya

Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Autogear.id - Buat pemilik mobil, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan tampilan agar terlihat berbeda. Menggunakan aksesoris bisa jadi pilihan sehingga mobil tampil lebih eksklusif. Namun, ada sedikit catatan. Agar tidak menimbulkan risiko penurunan performa mobil, disarankan membeli aksesoris sesuai standar Original Equpment Manufacturer (OEM).

Menurut Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), penggunaan aksesoris harus mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan serta estetika. Karena itu, pilihan paling baik adalah menggunakan aksesoris resmi pabrikan. 

"Bagi pemilik Suzuki, ada beberapa aksesoris resmi dari Suzuki Genuine Accessories (SGA) yang dapat digunakan menyegarkan tampilan mobil. Selain itu SGA dibuat dengan memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan serta estetika,” ujarnya. 

Ada beberapa aksesoris yang kerapkali dipilih pemilik mobil, untuk bikin tampilan mobilnya kian keren dan terkesan gaul. Di sisi lain, seperti dikatakan Yuwantie, harus diperhatikan segi keamanan, safety dan estetikanya.

Spoiler
Mobil-mobil masa kini banyak dipasangi spoiler, supaya terlihat sporty. Namun, penggunaan spoiler, khususnya di bagian belakang, bukan hanya menambah estetika agar terlihat lebih sporty. Spoiler menjadi salah satu komponen yang dapat mempengaruhi aerodinamika. 

Penggunaan spoiler bisa menambah downforce/tekanan ke bawah, sehingga mampu mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Risiko gaya angkat ini dapat membuat mobil melayang, tak stabil serta berpotensi membuat pengemudi hilang kontrol.

Sebaiknya pemasangan spoiler pada belakang mobil, sebisa mungkin diimbangi dengan pemasangan spoiler di depan dan samping. Untuk menjaga agar mobil lebih terkendali.

Door Visor
Sekarang ini rata-rata mobil baru memiliki door visor. Walaupun ada juga yang belum terpasang. Padahal, meski aksesoris tambahan, door visor lumayan penting pada mobil. 

Door visor berguna sebagai talang air, yang dapat mengurangi cipratan air masuk ke kabin saat kaca dibuka. Sebab, air hujan yang masuk terlalu banyak ke kabin, dapat mempengaruhi komponen kelistrikan pada pintu mobil. Contohnya power window yang terdapat pada door trim, rawan terjadi hubungan arus pendek, jika terkena tampias air hujan.

Grille
Sobat, pemasangan grille bukan sekadar pendongkrak estetika eksterior mobil lho! Grille memiliki beberapa fungsi, antara lain saluran udara dari mesin yang memiliki temperatur panas cukup tinggi.

Grille berguna untuk menjaga temperatur mesin, agar tetap stabil sehingga tidak overheat. Selain itu, grille pada mobil juga berguna meningkatkan aerodinamika secara optimal, sehingga memiliki performa konsisten.

Fog Lamp Set
Buat pengendara di daerah dataran tinggi, yang condong beriklim sejuk hingga dingin, fog lamp atau lampu kabut memiliki fungsi penting. Yakni sebagai komponen keselamatan ketika berkendara. Karena di daerah pegunungan, seringkali tertutup kabut. Sehingga mempengaruhi jarak pandang kita maupun orang lain.

Nah, komponen fog lamp ini berfungsi membantu visibilitas dan pandangan pengemudi ketika melalui jalan berkabut ataupun hujan deras. 

Fog lamp sejauh ini memang dirancang untuk dapat mengimbangi kemampuan headlamp, lampu utama, saat kondisi jarak pandang pengemudi terbatas.

Parking Sensor
Cukup banyak kendaraan, terutama mobil lawas, tidak punya parking sensor. Aksesoris ini boleh saja ditambahkan pada mobil, sebab berfungsi sebagai penanda kepada pengemudi yang hendak memarkirkan mobil. 

Alarm suara pada parking sensor akan berbunyi, jika mobil mendekati sebuah objek. Jika demikian, tandanya pengemudi yang sedang memarkir mobil harus lebih waspada terhadap kondisi sekitar. 

Oh iya, parking sensor pada mobil juga harus terawat kebersihannya ya. Pastikan aksesoris penting ini terbebas dari debu atau kotoran lain. Sehingga sensor yang ada dapat berfungsi optimal.

Untuk pemasangan aksesoris yang sesuai fungsi dan keinginan, bisa dilakukan sendiri. Tetapi sangat disarankan memasang aksesoris dan komponen mobil ke bengkel resmi. Selain teruji kelaikannya, juga bergaransi. Pemasangan di bengkel resmi juga bisa mencegah kesalahan instalasi, khususnya kelistrikan dan mesin.


(acf)