Perawatan Kendaraan

Enam Tips Ringan Merawat Mobil Selama Diam di Rumah

Beberapa tips ringan bisa menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi optimal. bmw
Beberapa tips ringan bisa menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi optimal. bmw

Autogear.id: Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terutama di DKI Jakarta sejak Jumat (10/4/2020), tentunya membuat masyarakat suka atau tidak suka harus disiplin menaati himbuan dari Pemerintah dengan cara tetap di rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 (Virus Korona). 

Selama diam di rumah, sebenarnya banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah merawat kendaraan yang lama terparkir alias tak pernah dipakai selama periode Social Distancing. 

Wajib diketahui, mobil yang lama diam dan tidak pernah dipakai pada dasarnya butuh perawatan agar kondisinya tetap optimal ketika suatu hari nanti kembali digunakan. Karena efek dari lama tak beroperasi bisa menimbulkan beberapa penyakit di mobil. 

“Dengan tetap di rumah, mobil yang terparkir tetap memerlukan perawatan. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar mobil yang terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan nanti,” kata After Sales Manager BMW Astra, Budi Kurniawan.

Berikut ini tips ringan sebagai bagian dari perawatan mobil. 

1. Melepas rem tangan 

Melepas tuas rem tangan bertujuan untuk memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet. Pada dasarnya, tem tangan yang terpasang berhari-hari memang tidak dianjurkan.

2. Memposisikan transmisi di posisi “P” untuk transmisi otomatis 

Hal ini untuk mencegah mobil bergerak saat berhenti tanpa menggunakan rem.

3. Tambah tekanan angin ban sampai 3,5 bar 

Penambahan tekanan angin pada ban berguna untuk menghindari kerusakan ban kendaraan pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.

4. Panaskan mesin dan AC mobil secukupnya 

Panaskan mesin mobil di ruang terbuka dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas agar putaran mesin minimal 2000 RPM. Sambil memanaskan mesin buka jendela mobil dan nyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

5. Parkir mobil di tempat beratap 

Simpan kendaraan di tempat beratap untuk memastikan terlindung dari cuaca ektrim, gangguan dan kotoran hama liar merusak ekterior. Selain itu juga berguna untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.

6. Gunakan alat pelindung tambahan pada permukaan mobil 

Cuci permukaan kendaraan termasuk pembersihan interior, perawatan cat dan krom. Pasang penutup/cover mobil jika perlu. Bersihkan karet seal bagasi dan pintu serta aplikasikan produk perawatan dengan bahan yang direkomendasikan oleh bengkel resmi.


(uda)