Goodyear Kembangkan Ban Tanpa Udara untuk Robot Kurir

Goodyear kembangkan ban tanpa udara untuk robot kurir (Foto: Goodyear Tire & Rubber Company)
Goodyear kembangkan ban tanpa udara untuk robot kurir (Foto: Goodyear Tire & Rubber Company)

Autogear.id - Goodyear Tire & Rubber Company, perusahaan induk PT Goodyear Indonesia menjelaskan, bahwasanya sejak beberapa waktu yang lalu telah mengembangkan dan menguji ban non-pneumatik (NPT) atau ban tanpa udara. Sebuah teknologi ban yang dirancang khusus untuk mendukung kinerja robot pengiriman, Starship.

Untuk diketahui, Starship Technologies adalah perusahaan portofolio Goodyear Ventures, yang sejauh ini telah membangun dan mengoperasikan jaringan lebih dari 1.000 robot otonom. Ribuan robot tersebut selama ini bertugas membawa dan mengirimkan paket, bahan baku serta makanan secara langsung ke pelanggan.

Menjawab permintaan Starship, terkait kesehatan dan perawatan ban, Goodyear lantas mengembangkan ban tanpa udara, yang dirancang khusus untuk memperpanjang usia ban dan mengurangi aktivitas perawatan untuk armada pengiriman Starship.

Goodyear dan Starship telah memasuki fase pengujian lapangan, di Universitas Bowling Green State. Guna mengevaluasi ketergantungan kendaraan dan ban. Data pengujian awal ban di kendaraan, telah menunjukkan hasil positif. Terkait dengan tapak, pengereman, dan peredam getaran.

“Kami sangat antusias, untuk memperluas arsitektur ban tanpa udara kami yang unik, ke dalam bentuk mobilitas baru”, kata Michael Rachita, Manajer Program Senior, ban non-pneumatik Goodyear dalam keterangan resminya.

Dikatakannya, ruang pengiriman mikro menghadirkan serangkaian kebutuhan yang berbeda, terkait dengan ban. “Teknologi NPT kami sangat ideal, untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Demi memungkinkan pengalaman yang bebas perawatan, dan tahan lama”, lanjutnya.

Siim Viilup, Manajer Teknik Mesin, Starship Technologies menyampaikan, robot pengiriman mereka melakukan ribuan pengiriman setiap hari, di semua jenis cuaca dan kondisi medan.

“Dalam memastikan kami dapat memenuhi permintaan yang meningkat dari layanan, maka kami membutuhkan ban handal. Membuat robot kami di seluruh dunia terus bergerak sepanjang waktu”, paparnya.

Bahkan Siim Viilup dengan penuh semangat menjelaskan, sangatlah menyenangkan melihat ban baru dari Goodyear ini menawarkan kehandalan serta penghematan biaya. “Terutama di saat kami sedang meningkatkan skala bisnis perusahaan”, tandasnya. 
 


(acf)