Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022

Quartararo Temukan Kembali Performa Terbaiknya di Mandalika

Fabio Quartararo temukan kembali performa terbaiknya di sesi kualifikasi setelah sekian lama tak begitu kompetitif dalam satu lap. AG-Ahmad Garuda
Fabio Quartararo temukan kembali performa terbaiknya di sesi kualifikasi setelah sekian lama tak begitu kompetitif dalam satu lap. AG-Ahmad Garuda

Autogear.id - Fabio Quartararo kembali menemukan performa terbaiknya di sesi kualifikasi MotoGP Mandalika yang berlangsung pada Sabtu (19/3/2022). Sejak awal sesi kualifikasi, Ia terlihat tenang dan perlahan mampu memperbaiki posisi terbaiknya di pencapaian lap tercepat. Di momentum lap terakhir pun Ia manfaatkan dengan fokus terbaik dan langsung mencetak rekor lap tercepat di sirkuit ini dengan 1 menit 31.067 detik.

Ia pun menegaskan bahwa ini adalah kali pertama Ia merasakan kompetitif menunggangi motornya. Apalagi setelah melakukan beberapa kali simulasi di sesi latihan, Ia merasakan kompetitifitas motornya mulai terasa.

"Saya menggunakan ban kompon lunak dan ini menjadi pertama kali kami merasa bisa tampil lebih kompetitif. Rasanya sudah lama saya merasa tak bisa tampil sekompetitif ini. Memang sulit untuk mengatakan bahwa performa kami sudah membaik, tapi targetku adalah meraih kemenangan di sirkuit ini," tegas Quartararo.

Mengakhiri sesi kualifikasi di urutan kedua dan ketiga, rekan setim yang menggunakan Ducati ini yaitu Jorge Martin dan Johan Zarco sanggup membuat pembalap lain harus gigit jari. Keduanya tampil sangat kompetitif dan membuat kejutan di akhir sesi kualifikasi dengan berada di posisi start lini pertama. Sementara Enea Bastiannini yang sejak awal terlihat percaya diri, kali ini mengamankan posisi start di urutan kedua. Tentu ini bukan hal buruk, mengingat Ia juga mulai bisa bertarung dan mempertahankan posisinya untuk tetap kompetitif.

Baca JUga:
Saling Sodok di Race-1, Reykat KIbarkan Merah Putih di IATC Mandalika

Sementara rekan setim Quartararo yaitu Franco Morbidelli, kali ini justru melakukan kesalahan konyol. Ia mengabaikan aturan free start di titik tertentu di sirkuit ini dan mengambil posisi di depan para pembalap lain yang lebih dulu ada di garis itu. Hal ini menyebabkan Ia dikenakan sanksi dengan mundur 3 grid start dari posisi 12 ke posisi start 15.

Bagian yang unik adalah performa para pembalap Honda di sesi kualifikasi seperti terlihat kurang baik. Belum diketahui apa penyebab utamanya, namun jelas terlihat tak satu pun pembalap mereka yang menempati urutan 10 besar. Bahkan Pol Espargaro yang meraih posisi start pertama di seri Qatar lalu. Ia menempati grid start 16 sementara Marc Marquez menempati posisi 14.

Apakah para pembalap Honda mampu mengambil alih hasil terbaik di sesi balap nanti? Tentu ini masih akan jadi pertanyaan besar. Namun Marquez menegaskan bahwa Ia siap bertarung meraih hasil terbaik di MotoGP Mandalika.

Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika:
1. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha  YZR-M1) 1 menit 31.067s
2. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22) +0.213s
3. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22) +0.311s


(uda)