Komponen Otomotif

Hankook Hidupkan Suasana Samba di Ajang Formula E Sao Paulo

Hankook iON Race telah menunjukkan kualitas dan kinerjanya di setiap lintasan Formula E, dan telah mendukung para pebalap dengan daya cengkeram yang dibutuhkan. Hankook
Hankook iON Race telah menunjukkan kualitas dan kinerjanya di setiap lintasan Formula E, dan telah mendukung para pebalap dengan daya cengkeram yang dibutuhkan. Hankook

Autogear.id – Ajang kejuaraan dunia ABB FIA Formula E bangun dari masa rehatnya yang singkat selama empat minggu. Setelah debut di Meksiko, India, Afrika Selatan serta Brasil yang kebagian jadi tuan rumah seri balap mobil listrik untuk pertama kalinya. Para pebalap dan Hankook iON Race, ban standar baru Formula E pun bertolak ke Kota Sao Paulo yang berpopulasi 12 juta jiwa. 

Sirkuit di kota terbesar Brasil itu menghadirkan tantangan baru bagi para tim dan produk premium Hankook. "Sejauh ini, Hankook iON Race telah menunjukkan kualitas dan kinerjanya di setiap lintasan Formula E, dan telah mendukung para pebalap dengan daya cengkeram yang dibutuhkan,” ujar insinyur balap Hankook Formula E, Jiwoong Choi. 

Ke-22 pebalap yang berlaga di Musim 9 ini tampak menghidupkan suasana samba di tengah hiruk pikuk keramaian penonton. Hankook pun berhasil mewujudkannya, meskipun terdapat safety car dan dua fase Full Course Yellow, Cape Town E-Prix masih menjadi balapan tercepat dalam sejarah Formula E, dengan kecepatan rata-rata 132,199 km/jam. 

Rekor sebelumnya yaitu 132,116 km/jam dan dicatatkan di E-Prix Mexico City 2022. Antonio Felix da Costa adalah pebalap pertama yang memenangkan balapan Formula E dengan empat tim berbeda. Setidaknya ada satu pebalap Porsche yang naik podium di setiap lima balapan pertama di Musim 9. Belum pernah ada tim lain yang mengawali musim ini dengan sukses. 

Baca Juga:
Hasil Manis Pembalap Muda Honda di Ajang TTC 2023

Tiga pebalap yang sama menduduki podium di Hyderabad E-Prix dan Cape Town E-Prix - pencapaian pertama kalinya di Formula E. Pembalap posisi pole gagal memenangkan balapan untuk ke-8 kali berturut-turut. FIA menindaklanjuti permintaan para pebalap, untuk mendapatkan visibilitas yang lebih baik di bagian belakang mobil. 

Terhitung sejak balapan Formula E di Berlin, mobil-mobil Gen3 akan dilengkapi kaca spion tengah baru. Dimana memberikan pandangan lebih baik ke arah belakang, sehingga meningkatkan keselamatan pengemudi.

FIA Girls on Track
Sebagai mitra resmi penyelenggara, Hankook turut mendukung inisiatif FIA, Girls on Track, sejak awal musim ke-9 ini. Setelah Mexico City dan Diriyah, Sao Paulo menjadi kota ketiga dari empat kota tujuan, di mana program ini akan diselenggarakan. 

Tujuannya, untuk mendorong kesetaraan gender dengan cara yang inovatif, berkomitmen, dan positif dalam olahraga motor. Sekitar 400 anak perempuan ambil bagian dalam program ini secara langsung di arena balap musim ini. Selain itu, mereka juga dapat berpartisipasi secara virtual untuk pertama kalinya. Rencananya, acara Girls on Track keempat akan berlangsung selama balapan akhir pekan di Jakarta, Indonesia nanti.


(uda)