GIIAS 2023

XForce Jadi Nama SUV Kompak Mitsubishi Seharga Rp 379 Jutaan Ini

Mitsubishi Xforce bikin gempar pembukaan GIIAS 2023. AG-Alun
Mitsubishi Xforce bikin gempar pembukaan GIIAS 2023. AG-Alun

Autogear.id – Setelah merahasiakan cukup lama terkait nama dan harga dari SUV kompak terbaru 5-seater yang diproduksinya. Membuat begitu banyak masyarakat penasaran dan bertanya-tanya. Akhirnya, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Mitsubishi Motors secara resmi merilis Mitsubishi XForce. Sebuah model yang akan diproduksi di Bekasi, Jawa Barat, dan dijadwalkan untuk dipasarkan ke sejumlah negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato mengungkapkan, selain memastikan memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya, yang dituntut dari sebuah SUV kompak. 

“Kami telah mencurahkan hati dan jiwa ke dalam pengembangan XForce, untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan,” ucapnya dalam World Premiere XForce, di GIIAS 2023 ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). Lanjut Kato, SUV baru ini memang sengaja dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN, dan telah melalui uji coba berulang kali di wilayah tersebut. 

Sementara Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS), Atsushi Kurita menjelaskan, kendaraan ini hadir di pasar populer yang telah diisi banyak merek, dengan berbagai teknologi, model dan fitur yang ditawarkan kepada masyarakat. “Untuk itu, kendaraan ini harus menjadi game changer, seperti layaknya Xpander di tahun 2017 saat memasuki pasar small MPV di Indonesia, yang juga sangat populer saat itu,” jelasnya.

Baca Juga:
GIIAS 2023 Siap Dibuka Besok, Pecut Kendaraan Listrik di Indonesia

Mengulas eksterior silky dan solidnya, Mitsubishi masih mengedepankan identitas desain dynamic shield generasi terbaru, lampu utama T-Shape futuristis, dan kombinasi lampu belakang nan gaya. Dipadukan ban 18 inci, menghasilkan profil kuat dari sebuah SUV otentik. Hands-free Power Liftgate, tawarkan kemudahan dan kepraktisan membuka pintu bagasi dengan sensor kaki.

Ground Clearance 222 mm, bikin pengendara lebih percaya diri melewati berbagai kondisi jalan. Suspensi Well-Tuned, untuk kenyamanan berkendara, serta kemudahan handling dengan setir irngan dan radius putar yang kecil, 5.2m. Mengintip ranah interiornya, kendaraan yang berbasis mobil XFC Concept ini membawa desain interior terkini bernuansa modern. 

Dilengkapi instrumen panel axis horisontal dengan melange dan mocha interior, floating console serta ambient lighting. Advanced Monolithic Display & Meter, terdiri dari Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci. Dengan Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay, serta Digital Driver Display 8 inci. Untuk memberi informasi yang beragam dan mudah dibaca. 

Drive Mode dengan empat mode berkendara, Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Uniknya, untuk mode berkendara Wet Mode, merupakan jenis mode berkendara yang pertama kalinya disematkan pada mobil Mitsubishi. Menjadi penekanan dalam fitur mobil terbaru ini adalah Dynamic Sound Yamaha Premium. Sebuah sistem audio tingkat tinggi, yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha. 

Baca Juga:
Neta Asal China Hadir dan Buka Perakitan Kendaraan di Indonesia

Serta melibatkan insinyur Mitsubishi dan sound master Yamaha. Dilengkapi dengan 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer, yakni Signature, Lively, Powerful, Relaxing yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV). Kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang dengan ruang kabin shoulder room, leg room dan hip room terluas di kelasnya. 

Diperkuat 8-step reclining sebesar 17 hingga 33 derajat, konfigurasi kursi belakang 40:20:40 dengan material kursi yang sematkan teknologi anti heat guard. SUV anyar ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), untuk lebih mendukung keamanan berkendara. Selanjutnya, MMKSI juga berencana untuk meluncurkan satu varian lebih tinggi dengan fitur ADAS lebih lengkap.

Saat ini dipasarkan dalam dua varian, Mitsubishi XForce Ultimate CVT dan Exceed CVT, dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, dan Red Metallic. Untuk Ultimate CVT dibanderol harga Rp412,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan Mitsubishi XForce Exceed CVT dijual dengan harga Rp379,9 juta OTR Jakarta.


(uda)