Modifikasi Motor

Tampang Klasik, Vespa Ini Ternyata Pakai Motor Listrik Lho!

Meski tampangnya terlihat klasik, namun vespa yang satu ini sudah memiliki penggerak dari motor listrik lho! EG
Meski tampangnya terlihat klasik, namun vespa yang satu ini sudah memiliki penggerak dari motor listrik lho! EG

Autogear.id – Santernya pertambahan jumlah kendaraan listrik berbasis baterai akhir-akhir di Indonesia, ternyata ikut pula menempel pada perhelatan Indonesia Vespa World Days (IVWD) 2020/2022, di Pulau Dewata, Bali.

Dilakukan melalui konversi Vespa konvensional ke listrik, menyematkan perangkat plug-and-play, persembahan Elders Garage. Dikatakan Elders Electric Division, Elders Garage, Geri Centura, dikutip dari Kompas.com, untuk bisa ikut konversi di IVWD, harus daftar dulu. “Tiap hari cuma satu unit yang dikerjakan, dengan durasi pengerjaan 2-3 jam," kata Geri di Nusa Dua, Bali, Sabtu (11/6/2022).

Dia menambahkan, khusus perhelatan IVWD 2020/2022, biaya instalasi kami bebaskan. Ongkos instalasi atau pasang Rp15 juta, nah itu yang kami tidak kenakan biaya selama gelaran IVWD," lanjut dia. Berarti, di luar acara IVWD tetap melayani, namun sudah tidak gratis biaya instalasi.

Mengapa proses pengerjaannya bisa relatif cepat? Menurut Geri, karena konversi kit untuk Vespa 2-Tak yang plug-and-play tadi, tinggal pasang. Dikatakannya, tim Elders Garage tidak mengubah apapun pada bagian bodi atau komponen lain, kecuali mesin.

Baca Juga:
Vespa World Days Bali, Ada Peluncuran Helm Khusus Edisi Terbatas

“Kalau pemilik mau Vespanya kembali jadi kendaraan konvensional, tinggal copot-pasang. Yang kami lakukan plug-and-play swing arm, motor, cakram set, controller, serta baterai sudah satu set. Frame tidak diubah. Apalagi temen-temen Vespa kebanyakan tak mau bagian itu dirusak," urainya.

Dalam penawarannya, tersedia konversi kit tipe speedster dan duro. Spek dan harganya masing-masing berbeda, yaitu Rp25,8 juta dan Rp18,5 juta. Untuk speedster, memiliki baterai lithium-ion 21700 72v 24 Ah dengan motor Elettrico V2 3kW Disc Brake. Setelah diubah, motor mampu menghasilkan kecepatan 75-80 kpj, dengan maksimum daya jelajah 60-75 km pada sekali pengisian 0-100 persen selama 5 jam.

Sementara tipe duro, menyematkan baterai lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Elettrico V1.12 1,2kW disc brake. Berdayakan controller Elettrico Square Wave 50a, topspeed motor 50-55 kpj, dengan daya jelajah maksimum 40-45 km. Pengisian daya baterai 0-100 persen butuh waktu lebih singkat, yaitu 4 jam.

Lebih jauh dijelaskan Geri, kedua konversi kit tadi untuk segala model Vespa, selama rumah arm-nya belum berubah, misalnya dicoak. Sedangkan kalau melihat indikator baterainya, itu berada di kap atau bisa dipindahkan ke depan," pungkasnya.


(uda)