Komunitas Otomotif

Big Max Indonesia Bakal Touring Jelajah Celebes Sejauh 2166 Km

Komunitas pengguna Yamaha Xmax dan Tmax mengadakan touring spesial merayakan hari kemerdekaan. BMI
Komunitas pengguna Yamaha Xmax dan Tmax mengadakan touring spesial merayakan hari kemerdekaan. BMI

Autogear.id – Memasuki bulan Agustus, bulan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus. Tentunya beberapa agenda istimewa sudah dipersiapkan oleh banyak komunitas dan club bikers di Tanah Air. Seperti halnya yang dilakukan Big Max Indonesia (BMI), komunitas pengguna Yamaha Matic 250cc ke atas yakni Xmax dan Tmax. Mereka juga mengadakan touring spesial merayakan hari kemerdekaan.

Komunitas motor yang dideklarasikan pada 12 Agustus 2018 ini menghelat kegiatan bertajuk Pertamina Pertamax Touring Kemerdekaan Big Max Indonesia Jelajah Tanah Sulawesi. Berlangsung pada tanggal 13 - 19 Agustus 2022. Adapun tujuan dari kegiatan touring, selain memperingati Hari Kemerdekaan RI tercinta, juga dalam rangka mendukung program Pemerintah, mengaktivasi daerah-daerah tujuan wisata usai pandemi.

Selain itu bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat di masa New Normal, serta membantu pihak Kepolisian RI mengkampanyekan tertib berlalu lintas di jalan. Dengan berkendara tidak arogan dan selalu menghargai pengguna jalan lainnya. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan peserta touring antara lain riding motor Xmax dari Kota Makassar menuju Kota Manado dan Bitung.

Lalu melakukan kunjungan dan audiensi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, juga melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata di Pulau Sulawesi. Agenda BMI touring jelajah tanah Sulawesi ini kata Presiden BMI, Yunardi Gunawan yang akrab disapa bro Iwan, disambut antusias para anggota serta pengguna motor Xmax dan Tmax lainnya.

“Di sela-sela kegiatan touring nanti, peserta juga melakukan kampanye hidup sehat kepada masyarakat, bakti sosial dan pembagian doorprize dari para pendukung acara,” ucap Iwan.

Touring kemerdekaan jelajah tanah Sulawesi ini menempuh jarak sekitar 2.166 Km, selama 6 hari dan akan melewati 5 Provinsi di Pulau Sulawesi. Turing ini diikuti sekitar 70 pengendara menggunakan Yamaha Xmax.

Perjalanan akan dimulai dari Kota Makassar menuju Tana Toraja. Hari kedua rute dari Tana Toraja berangkat ke Kota Mamuju. Lanjut hari ketiga Kota Mamuju menuju Palu, dan esok harinya dari Kota Palu gas ke Marissa. Masuki hari kelima start dari Marissa berangkat ke Gorontalo, dan hari ke-6 berangkat dari Gorontalo lalu finis di Kota Manado.

Selama perjalanan, para peserta juga akan diajak mengunjungi lokasi wisata di Tana Toraja, destinasi Patung Ainun Habibie, dan banyak lagi. Rencananya juga bakal ada penyambutan dari pengurus Pemda setempat, seperti Walikota Makassar dan Bitung.

Ketua Panitia Pelaksana, Temmy Yefrians yang juga Ketua BMI Chapter Jawa Barat mengatakan kegiatan yang didukung jajaran Pengurus Pusat serta Para Pengurus Chapter BMI ini akan menjadi perjalanan yang takkan terlupakan oleh peserta.

“Sensasi mengendarai Yamaha Xmax di jalur Trans Sulawesi, dengan pemandangan dan wisata yang pastinya begitu indah dan memukau, dijamin bakal menjadi momen yang benar-benar sulit dilupakan para peserta,” kata Temmy.

Beberapa pihak yang turut mendukung adalah Pertamina, Adira Multi Finance, Summarecon Makassar, TDR Racing, Touwanishop, dan Gasoline Rider Station. Ikut support Layz Motor, Xtrem Motosport, Hemaviton Joint Care dan Energi Drink, PDAM Makassar, Hans Motor, NGK Busi, Enesis Antis, Yamaha Makassar dan Yamaha Indonesia.

Saat Ini BMI memiliki 318 member, tersebar dalam Chapter Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi (Celebes), dan yang akan deklarasi pada 15 Agustus 2022, adalah Chapter Sulawesi Tengah.


(uda)