MotoGP Perancis 2022

Strategi Bastiannini Berbuah Kemenangan di MotoGP Perancis 2022

Enea Bastiannini amankan kemenangan ketiga usai menyelesaikan tugas pentingnya di MotoGP Perancis 2022. EB
Enea Bastiannini amankan kemenangan ketiga usai menyelesaikan tugas pentingnya di MotoGP Perancis 2022. EB

Autogear.id - Performa dan kekuatan Enea Bastiannini menggunakan Ducati GP21, memang butuh konsistensi besar. Lantaran di beberapa sirkuit Ia mengalami penurunan performa yang cukup signifikan. Namun di tipe sirkuit yang memiliki karakter pas buat motornya, Ia akan tampil kompetitif jadi penantang kuat untuk podium pertama.

Seperti yang baru saja Ia buktikan di MotoGP Perancis yang baru berlangsung Minggu (15/5/2022). Dari target awal untuk finish di posisi podium, ternyata hasilnya cukup mengagetkan. Lantaran Ia justru meraih posisi terdepan usai menyalip dua pembalap tim pabrikan Ducati sendiri yaitu Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Padahal di sesi kualifikasi, Ia menegaskan ada beberapa hal yang menjadi tugas besar bagi timnya jika ingin tampil kompetitif di sesi balapan. Bukan hanya pemilihan kompon ban, namun juga menghadapi kemungkinan perubahan cuaca yang cepat biasa terjadi di sirkuit ini. Prediksinya memang tepat hingga akhirnya berhasil mengatasi tugas besar yang membuatnya sempat ragu.  

"Pekan ini sangat sulit bagiku, tapi setelah melihat pilihan yang terbaik untuk balapan, akhirnya kami bisa tampil bagus. Saya memang agak bertahan lama di belakang Pecco, setelah melihat kemungkinan untuk menyusulnya, saya mengambil kesempatan itu dan akhirnya meraih kemenangan ketigaku musim ini," klaim Bestia.

Baca Juga:
Peluang Mir Gabung ke Repsol Honda, Tinggal Nunggu Pengumuman Resmi?

Meski pembalap Ducati yang diharapkan bisa tampil kompetitif yaitu Pecco finish di podium tertinggi, namun ternyata usai disusul oleh Bestia di 7 lap menjelang balapan finish, Ia malah melebar dan akhirnya terjatuh dengan sendirinya. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jack Miller dan memastikan posisinya aman di urutan kedua, meski harus mengakui Ducati GP21 yang ditunggangi Bestia lebih kompetitif.

"Senang rasanya kembali ke podium. Saya memilih ban kompon lunak dan ini adalah pilihan yang tepat karena menggunakan ban kompon medium rasanya sangat sulit mengendarai motor ini. Sayangnya Pecco malah mengalami masalah dan tak finish, sehingga kami tak bisa menguasai penuh podium kali ini," ujar MIller.

Sementara Aleix Espargaro yang sejak awal balapan mulai menganalisis sendiri performa yang Ia butuhkan dan kekurangan yang Ia rasakan di motornya, melihat momentum balapan ini menjadi balapan yang membuatnya sangat keras. 

"Bagiku, ini adalah balapan yang paling sulit sepanjang menghadapi jalannya musim ini. banyak pembalap yang terjatuh di depan dan saya tahu Fabio Quartararo ada di belakang. Tapi Ia tak bisa menyusulku karena performaku di sisi pengereman sangat baik. Makanya Ia tak bisa menyusul, hasil ini membuatku sangat senang," girang Espargaro.

Baca Juga:
Asyik, Kompetisi Slalom Brio Tahun Ini Digelar Lagi

Sementara pembalap tuan rumah sekaligus juara dunia MotoGP 2021 yaitu Quartararo harus puas menempati urutan keempat. Ia tak kuasa menundukkan Espargaro yang tampil konsisten dengan Aprilia miliknya. 

Hasil MotoGP Perancis 2022:
1. Enea Bastiannini, ITA, Gresini Racing (Ducati)
2. Jack Miller, AUS, Ducati Corse (Ducati)
3. Aleix Espargaro, SPA, Aprilia Racing (Aprilia)


(uda)