Industri Komponen Otomotif

Rekam Jejak Inovasi, Bekal EMLI Perkuat Lini Bisnis

Langkah inovasi diperlukan untuk memperkuat lini bisnis. Hal tersebut disadari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), selaku perusahaan yang memasarkan merek pelumas Federal Oil dan MobilTM Lubricants.  EMLI
Langkah inovasi diperlukan untuk memperkuat lini bisnis. Hal tersebut disadari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), selaku perusahaan yang memasarkan merek pelumas Federal Oil dan MobilTM Lubricants. EMLI

Autogear.id – Langkah inovasi diperlukan untuk memperkuat lini bisnis. Hal tersebut disadari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), selaku perusahaan yang memasarkan merek pelumas Federal Oil dan MobilTM Lubricants. Dengan terus melakukan inovasi pada kategori kendaraan penumpang, sepeda motor, dan industri sektor transportasi. Begitupun sektor manufaktur, pertambangan, dan energi. 

Salah satu strategi inovasi yang dilakukan adalah terus memperluas jaringan distribusi penjualan, berfokus pada area-area potensial. Meliputi wilayah di Sumatera, Jawa dan Bali. Melalui kolaborasi dengan jaringan mitra yang kini berjumlah lebih dari 40 distributor nasional. Menjangkau lebih dari 16 ribu mitra bengkel, termasuk Federal Oil Center dan Mobil Car Care. 

Serta bengkel-bengkel independen, yang dilayani lewat jaringan distributor di seluruh Indonesia. "Kami juga akan melakukan ekspansi menambah kapasitas produksi di pabrik Cilegon, dari 700.000 barel menjadi dua kali lipatnya," ujar Market Development Director PT EMLI, Sri Adinegara di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Selain itu, guna memberi pengalaman merek kepada pelanggan, produsen pelumas ini hadirkan kebutuhan relevan, sesuai kondisi pasar saat ini. Ketika era digitalisasi menguat, segera bereaksi menghadirkan official store di beberapa marketplace. Lalu mengusung tema Rekomendasi Ahli Bikin Nyaman, diperuntukkan bagi motor harian, seperti motor-motor keluaran Jepang. 

Baca Juga:
PO Bus Wajib Tahu! Bus Tak Laik Jalan, Siap-Siap Batal Jalan

Pelumas motor ini antara lain telah menghadirkan produk untuk skutik premium, Federal Racing Matic. Plus teknologi anti-counterfeit yang disematkan pada kemasan produknya. Begitu pula ragam program online dan offline yang melibatkan konsumen, mekanik, dan bengkel. Seperti promo konsumen Sobek Berhadiah (SOBER), kontes mekanik, hingga nonton langsung MotoGP dan bertemu pebalap Tim Gresini Racing. 

“Untuk Mobil Lubricants, sebagai produk pelumas roda empat terus berupaya memahami kebutuhan pasar. Yang hadir dengan perkembangan teknologi baru, dan berbagai kategori untuk semua kalangan,” tambah Sri Adinegara. 

Mobil1 Bus Double Dekker dan pameran di sejumlah pusat keramaian, mampu memberikan pengalaman tersendiri bagi target konsumen. Turut rasakan langsung sensasi berkendara menggunakan produk-produknya. Melihat sisi Business-to-Business (B2B), ikut aktif menyelenggarakan berbagai seminar bagi para pelaku industri yang bekerjasama dengan beberapa asosiasi terkait. 

Lebih dari 1 dekade bareng Tim Gresini Racing, Federal Oil torehkan prestasi dan sejarah di kelas MotoGP musim pertamanya. Kantongi finis di posisi ketiga klasemen, pada musim balap 2022. Catatan positif diikuti Mobil Lubricants bersama Tim Red Bull Racing F1, mencatatkan sejarah baru. Sukses mempertahankan gelar juara dunia, dua musim berturut-turut pada 2021 dan 2022. Mendominasi sejumlah balapan sepanjang musim berlangsung. 


(uda)