Serba-Serbi MotoGP 2022

Tak Hanya di MotoGP, Suzuki Berhenti Balapan di Semua Kategori

Suzuki tak hanya akan mundur dari MotoGP, tapi juga dari ajang balap lain yang melibatkan mereka. AR
Suzuki tak hanya akan mundur dari MotoGP, tapi juga dari ajang balap lain yang melibatkan mereka. AR

Autogear.id - Aktivitas balap memang dikenal rakus menelan biaya yang besar, terutama untuk melakukan riset agar kendaraan yang digunakan bisa kencang dan kompetitif. Hal ini selain membuat sebuah pabrikan harus kuat dan matang secara finansial, juga mereka harus punya sumber daya manusia yang unggul dalam hal riset dan pengembangan. 

Bagi pabrikan yang mengalami kesulitan finansial, tentu bukan sebuah alasan yang logis untuk tetap bertahan melakukan riset di ajang balap. Meski mereka butuh itu untuk membuat pembeda produk dengan lainnya, namun jika dirasakan menyusahkan pabrikannya, maka sudah saatnya aktivitas di dunia balap harus berhenti sementara.

Hal inilah yang dilakukan oleh Suzuki Motor Corporation. Mereka mengambil langkah yang cukup mengejutkan soal partisipasi mereka di ajang balap MotoGP. Tepat pada Kamis (12/5/2022) kemarin, mereka mengumumkan bakal tak mengambil tempat di ajang balap MotoGP pada 2023 mendatang. Penyebabnya apalagi kalau bukan kesulitan kondisi finansial lantaran hantaman pandemi yang berkepanjangan.

Dari keterangan yang dirilis oleh Suzuki Motor Corporation, bahwa komitmen mereka menghadapi kondisi krisis finansial yang terjadi di perusahaan itu, adalah dengan melakukan efisiensi di segala lini. Termasuk tak mengambil bagian di ajang balap yang notabene menghabiskan biaya yang cukup besar, termasuk untuk membuat proses riset berjalan lancar.

Baca Juga:
Motor Custom NMax 155 Tahun 2016: Buat Touring Jakarta-Bali

"Untuk alasan yang sama, Suzuki Motor Corporation juga akan mengambil langkah mundur dari ajang balap apa pun yang melibatkan merek ini. Mereka tak akan tampil mungkin dalam jangka waktu yang tak diketahui," jelas pernyataan mereka yang dilansir dari situs resmi MotoGP.com.

Dalam hasil analisis dari sumber yang berbeda, dikatakan bahwa langkah ini diambil Suzuki, bukan hanya karena kondisi finansial. Namun juga alasan mereka untuk lebih fokus mengembangkan mobil listrik yang tentunya butuh riset dan fokus besar. Sehingga mereka tak ketinggalan dalam hal teknologi kendaraan terkini. Hmm, lalu bagaimana dengan kesepakatan mereka bersama Dorna Sports? Kita tunggu saja hasilnya nanti.   


(uda)