MotoGP Australia 2022

Jorge Martin Pecah Rekor Waktu Tercepat di QTT MotoGP Australia

Jorge Martin amankan posisi start terdepan usai meraih lap tercepat di sesi kualifikasi sekaligus memecahkan rekor lap tercepat di Sirkuit Phillip Island. PD
Jorge Martin amankan posisi start terdepan usai meraih lap tercepat di sesi kualifikasi sekaligus memecahkan rekor lap tercepat di Sirkuit Phillip Island. PD

Autogear.id - Pencapaian waktu tercepat yang sekian tahun lamanya tak mampu ditembus oleh pembalap mana pun di kelas MotoGP di Sirkuit Phillip Island, Australia oleh Jorge Lorenzo, akhirnya terpecahkan juga. Pembalap yang sanggup memberikan efek kejut di pencapaian waktu tercepat itu adalah pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin di sesi kualifikasi MotoGP Australia hari ni Sabtu (15/10/2022).

Ia mencetak waktu tercepat dengan catatan waktu tercepat 1 menit 27.767 detik dan mematahkan waktu tercepat dari Jorge Lorenzo pada 2013 lalu yaitu 1 menit 27.899 detik. Tentu ini menjadi hasil yang sangat memuaskan bagi pembalap asal Spanyol itu. Mengingat dalam beberapa seri ini, Ia kurang mampu melakukan penetrasi terbaiknya di sesi kualifikasi dan sesi balapan.

"Tentu pencapaian ini sangat baik karena kami bisa menembus catatan waktu tercepat 1 menit 27 detik. Terlebih dengan mematahkan waktu tercepat yang selama ini dijaga oleh Jorge Lorenzo. Tapi tentu tak mengherankan, karena dari tahun ke tahun kecepatan motor juga semakin baik dari versi sebelumnya. Kita lihat saja semoga di sesi balapan bisa melanjutkan hasil baik ini," papar Martin.

Di urutan kedua Marc Marquez yang masih berupaya beradaptasi dengan baik ke motornya, juga mulai terlihat baik. Ia mengakui memang caranya mencetak lap tercepat di sesi kualifikasi kali ini sedikit berbau 'main curang' karena melakukan teknis slip streaming dari motor yang paling kencang yaitu Ducati milik Francesco Bagnaia alias Pecco. Beruntung Pecco menganggap ini bukan masalah baginya karena pembalap di belakangnya tak berkompetisi langsung di klasemen juara dunia.

Baca Juga:
Wah Gawat, Ketua Umum HDCI Diduga Ketangkap Kasus Narkoba!

"Memang ini bukan cara terbaik untuk meraih waktu tercepat di sesi kualifikasi. Tapi kita semua tahu, ini adalah kompetisi dan pembalap bisa memanfaatkan momen yang ada. Hal positif yang bisa kami ambil adalah karena sesi adaptasi dengan motorku ini berjalan semakin baik. Paling tidak bisa membuat saya lebih percaya diri dalam menjalani balapan nantinya," ujar Marquez.

Sementara Pecco yang kini selisih dua poin di klasemen pembalap, terlihat lebih optimis bisa meraih hasil bagus. Ia hanya perlu melakukan start yang baik dan menjaga performa motornya agak tetap bisa berada di depan rival utamanya di klasemen pembalap yaitu Fabio Quartararo.

Adapun Quartararo sanggup menempati posisi start yang terbilang masih cukup bagus yaitu di possi 5. Artinya dari sisi posisi start, Ia akan tepat berada di belakang Pecco dan sesi start balapan yang akan digelar besok bakal jadi momen krusial baginya. Apakah Pecco bakal menyusul Quartararo di klasemen ataukah Quartararo kembali memperlebar jaraknya, atau malah pembalap lain yang meraih kemenangan? Kita lihat saja nanti. 

Hasil Kualifikasi MotoGP Australia:
1. Jorge Martin, SPA, Pramac Ducati
2. Marc Marquez, SPA, Repsol Honda
3. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse


(uda)