Dakar Rally Etape-1 Motor

Ricky Brabec Bikin Perhitungan di Etape Pembuka Dakar Motor

Ricky Brabec langsung buka etape pertama dengan penampilan yang agresif dan mengamankan kemenangan etape pertama. HRC
Ricky Brabec langsung buka etape pertama dengan penampilan yang agresif dan mengamankan kemenangan etape pertama. HRC

Autogear.id - Pereli tim Dakar Rally Honda, biasanya memang selalu tampil sangat kompetitif ketika menjalani balap etape-etape awal di beberapa musim ajang balap dengan status terganas dunia itu. Seperti yang terlihat di etape pertama yang sekaligus hari pertama Dakar Rally 2023 pada Minggu (1/1/2023). Ricky Brabec yang menjadi salah satu andalan Honda, langsung memimpin di klasemen pereli sementara.

Ia meraih waktu tercepat yang mengitari Seacamp ke Seacamp dengan total jarak tempuh sejauh 602,5 km dengan pencapaian waktu tercepat selama 4 jam 14,1 menit. Tentu ini menjadi nilai plus meski keunggulan yang diraihnya di klasemen sementara tak begitu jauh dari pereli yang finish di urutan kedua yaitu Kevin Benavides yang menunggangi motor KTM.

"Balapan di etape pertama, bisa dibilang jadi etape yang sedikit mudah. Tidak ada jalur yang membuat kami bisa stress dan bisa menjalani balapan dengan sangat baik. Tapi bisa tetap memimpin jalannya balapan di balap ini, tentu bukan hal mudah. Target besarku adalah bisa konsisten finish di 10 besar di tiap etape dan mempertahankan pencapaian yang ada tanpa isu yang berat," papar Brabec.

Namun Brabec harus tetap waspada lantaran para pereli tim KTM yang selalu saja bisa menyusul di etape-etape pertengahan seiring dengan mulai sulitnya medan dan pembacaan sistem navigasi. Belum lagi masalah reliabilitas kendaraan yang selalu menjadi isu besar ketika disiksa terus-terusan dalam waktu lama.

Baca Juga:
Carlos Sainz Langsung Gaspol di Etape Awal Dakar

Kevin Benavides yang tetap menjadi pereli utama tim Red Bull KTM, juga berpeluang besar meraih hasil bagus di etape-etape selanjutnya. Apalagi Ia hanya terpaut 19 detik dari Brabec yang berada di depan. Kemudian disusul oleh Toby Price yang juga terlihat kalem meraih hasil finish di posisi ketiga. Selisihnya juga lumayan tipis dari Brabec yaitu 39 detik saja.

Pereli yang tahun-tahun sebelumnya mendapat sokongan penuh dari Honda yaitu Joan Barreda Bort, tahun ini menggunakan nama tim JB atau inisial namanya sendiri. Namun Ia masih tetap mendapat sokongan besar dari Honda dan merek minuman energi ternama Monster Energy. JB meraih posisi keempat di etape pertama dengan 45 detik. Sayangnya Ia terkena penalti waktu 1 menit dan akan membuat selisihnya di klasemen jadi membengkak. 

Hasil etape-1 kategori motor DR Arab Saudi:
1. Ricky Brabec, Monster Energy Honda Team, 4 jam 14,1 menit
2. Kevin Benavides, Red Bull KTM Factory Racing, +19 detik
3. Toby Price, Red Bull KTM Factory Racing, +39 detik


(uda)