Tips Perawatan Motor

Rantai DID Palsu Beredar? Begini Cara Membedakan

Banyak rantai palsu beredar, waspada dan cermati detailnya agar tak tertipu. AG - Ahmad Garuda
Banyak rantai palsu beredar, waspada dan cermati detailnya agar tak tertipu. AG - Ahmad Garuda

Autogear.id - Komponen otomotif di Indonesia yang punya pamor bagus, biasanya akan mulai ditiru dan ada saja komponen dengan nama dan bentuk sama yang dipasarkan namun harga yang jauh lebih miring. Tentu ini akan merugikan konsumen, apalagi jika asumsinya komponen itu adalah asli. Lalu bagaimana membedakan komponen rantai DID yang palsu dengan yang asli untuk saat ini?

Dijelaskan oleh Senior Sales & Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, Friendky Lay di momen peluncuran rantai DID X VR46 pada Rabu 13 April 2022, bahwa produk yang mereka bawa ke Indonesia sudah melalui hasil riset untuk penggunaan di Indonesia. Mengingat  kualitas dan keamanan produk tersebut akan terjamin sesuai dengan standar produk di Indonesia jika dilakukan riset di sini. 

Dikuatkan oleh Hiroki Nakagawa sebagai advisor PT Daido Indonesia Manufacturing, bahwa mereka berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen di Indonesia. "Tidak ada yang perlu dikhawatirkan apabila membeli rantai DID yang diedarkan secara resmi oleh PT NGK Busi Indonesia karena kualitasnya telah terjamin dengan menggunakan standar DID Jepang yang sangat tinggi.”

Baca Juga:
Abai Mengganti Filter Oli di Motor? Ini 4 Dampak Buruknya

“Cara paling mudah untuk mengidentifikasi bahwa rantai motor tersebut adalah rantai yang resmi dipasarkan di Indonesia dan dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya adalah dengan melihat apakah kemasannya tercetak menggunakan bahasa Indonesia karena sebagai salah satu syarat wajib yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga mutu dan kepuasan konsumen.” lanjutnya.

Pada acara tersebut turut diperkenalkan dua profil pemilik pertama rantai motor DID X VR46 yang resmi di Indonesia. Mereka adalah perwakilan dari dua komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia dan Fan Club Valentino Rossi Indonesia yang dipilih oleh tim DID sebagai apresiasi atas dukungan dan antusias mereka selama ini.

Bagian lain yang bisa menjadi penanda asli atau tidaknya adalah terdapatnya grafir tulisan DID dan VR46 untuk versi terbarunya ini, di setiap dinding elemen rantai. Kemudian konektor dan pengunci sambungan dibuat lebih eye catching berwarna stabilo. Ini juga menjadi salah satu yang membuat rantai DID menjadi ikonik sebagai rantai motor berperforma tinggi.


(uda)