MotoGP Portugal 2023

Tabrak Oliveira, Ini Sanksi yang Harus Dijalani Marquez di Argentina

Marc Marquez didenda Double Long Lap Penalty untuk MotoGP Argentina lantaran terlalu agresif dan melanggar regulasi balap MotoGP. GPRI
Marc Marquez didenda Double Long Lap Penalty untuk MotoGP Argentina lantaran terlalu agresif dan melanggar regulasi balap MotoGP. GPRI

Autogear.id - Marc Marquez secara tak terduga jadi biang penyebab kecelakaan dengan pembalap tuan rumah di MotoGP Portugal 2023 yaitu Miguel Oliveira yang baru saja berlangsung pada Minggu (26/3/2023). Pembalap asal Spanyol yang merupakan pembalap andalan tim Repsol Honda itu terlihat sangat agresif melakukan manuver untuk mengambil-alih kembali posisi ketiga di belakang Oliveira. 

Namun nahas tak bisa Ia hindari, saat akan mencoba menyusul Jorge Martin, secara tak terduga Martin mengambil sisi dalam ketika motor Marquez sudah berada di sisi bagian dalam. Lantaran telat melakukan pengereman, motor Marquez tersenggol bagian belakang motor Martin dan akhirnya hilang kendali. Martin melebar sementara motor Marquez menabrak buritan Oliveira. 

Sontak Oliveira pun terjatuh dan dikabarkan mengalami masalah di bagian kaki. Sementara Marquez dikabarkan mengalami masalah pada tulang tangan kanannya. Ini kian membuat masalahnya bertambah berat.

Baca Juga:
Buka Musim 2023, Pecco Menangi Race Utama MotoGP Portugal

Kondisi ini langsung mendapat perhatian besar dari pengawas balapan atau Stewards. Ia pun dinilai melanggar regulasi balap Article 3.5.5 berdasarkan diskusi yang mereka gelar. Marquez dinilai terlalu agresif dan menyebabkan pembalap lain mengalami kecelakaan. Ia pun dinyatakan sebagai pembalap yang tak bertanggungjawab dan harus menjalani sanksi sesuai yang ditetapkan.

Adapun sanksi yang ditetapkan oleh Stewards adalah Double Long Lap Penalty untuk seri berikutnya yang bakal berlangsung di Argentina. Tim Repsol Honda pun diberikan waktu selama 60 menit untuk melakukan banding jika tak terima dengan keputusan yang dibuat oleh Stewards sebelum hukuman ini benar-benar sah diberlakukan untuk Marquez.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar soal tim Repsol Honda akan melakukan banding untuk memprotes hukuman yang diberikan. Jikapun mereka melakukan itu, tim Repsol Honda harus membayar deposit sebesar 1,320 Euro sebagai jaminan kepada IRTA. 


(uda)