Kejuaraan Nasional Motocross 2022

Delvintor Kunci Gelar Juara Kejurnas Motocross 2022 Kelas MX2

Delvintor akhirnya menjuarai kejuaraan nasional motocross 2022 yang grand finalnya dihelat akhir pekan lalu. AHM
Delvintor akhirnya menjuarai kejuaraan nasional motocross 2022 yang grand finalnya dihelat akhir pekan lalu. AHM

Autogear.id – Torehan prestasi dipersembahkan crosser Astra Honda Racing Team (AHRT) M. Delvintor Alvarizi. Dia sukses membawa pulang gelar juara, dengan menyapu bersih podium teratas di setiap seri, pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross 2022 kelas MX2. Ajang kejurnas seri final yang diselenggarakan di sirkuit Grand Wisata Bekasi, Jawa Barat pada 28-29 Januari 2023.
 
Sedangkan rekan setimnya, Nuzul Ramzidan, mampu bertengger di posisi ketiga pada ajang tersebut. Kondisi cuaca yang tak menentu, diwarnai siraman hujan yang lumayan deras, Sabtu (28/1/2023) sore membuat sesi kualifikasi ditiadakan. Sehingga hasil latihan bebas dan qualifying time trial menjadi rujukan saat balap.
 
Delvintor yang kerap disapa Adel berhasil mencatatkan waktu terbaiknya, dan menempati posisi pertama. Sedangkan Zidan di posisi ketiga, dengan selisih waktu 3, 08 detik. Hasil ini menguntungkan keduanya untuk menaklukkan lintasan saat race. Di Moto1, tantangan kondisi trek akibat gonta-ganti cuaca, membuat tim harus beradaptasi dengan cepat. 

Adel yang memulai start dengan mulus, terus menunjukkan dominasinya bersama CRF250R di posisi terdepan hingga finish. Sementara Zidan yang berada di posisi kedua selepas start, sempat melakukan kesalahan di akhir lap pertama. Namun tak patah semangat, kegigihan ditunjukkan secara konsisten, hingga meraih podium ketiga sampai akhir balapan.

Baca Juga:
Honda Gandeng GS Yuasa Kembangkan Baterai Mobil Listrik

 
Semangat membara untuk bisa sapu bersih podium satu di setiap seri, jadi bekal Adel menaklukkan tantangan di race kedua kelas MX2. Tapi sayang, di awal balapan ia memulai start dengan sedikit ganjalan. Kondisi disabet Zidan yang memimpin jalannya balapan. Namu di lap ketiga, Zidan sempat melebar. 

Adapun Adel yang terus membuntuti Zidan sejak start dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga memimpin kembali. Masuk lap keempat, Zidan terjatuh dan membuatnya berada di posisi kelima. Pemuda asal Riau tersebut berusaha menempati posisi podium. Sayang, nasib bicara lain. Di akhir balapan, Zidan harus teronggok di posisi keempat dan Adel menapaki podium tertinggi. 

Hasil tadi membuat Adel jawarai Kejurnas Motocross 2022, dengan 150 poin, dan Zidan di posisi ketiga dengan 116 poin. “Alhamdullillah, saya bisa pertahankan juara nasional MX2 untuk Astra Honda Racing Team. Tekad membawa kemenangan di setiap putaran, saya maksimalkan CRF250R dengan setingan yang sudah diuji pada beberapa latihan. Gelar ini saya persembahkan buat Astra Honda dan semua pihak dengan dukungan luar biasa,” ujar Adel.  
 
General Manager Marketing and Planning Analysis AHM Andy Wijaya mengucapkan selamat atas pencapaian Delvintor dan Zidan di ajang Kejurnas Motocross. Hasil ini semakin memperkuat upaya AHM dalam melakukan pembinaan di dunia motocross.

Baca Juga:
Bikers CBR Peduli, Sunmori Sambil Bebersih Jalanan

 
“Delvintor dan Zidan telah berjuang dengan sangat baik untuk meraih gelar juara pada ajang ini. Terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada dua crosser binaan kami atas capaian ini. Kami akan terus lakukan pembinaan, semoga dapat mengantarkan pemuda Indonesia bersaing di kejuaraan dunia,” ujarnya.    
 
Kejurnas Motocross 2022 diselengarakan sebanyak 3 putaran. Untuk putaran pertama digelar di Sirkuit Jotosanur Kodim 0812 Lamongan, Jawa Timur, Agustus 2022. Disusul putaran kedua di sirkuit MX Malimpung, Pinrang, Sulawesi Selatan, September 2022. Lalu putaran final di sirkuit Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat (28-29/1/2023).


(uda)