MotoGP Perancis 2022

Bagnaia Rebut Posisi Pole, Ducati Start 1-2 di MotoGP Le Mans

Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Perancis, Ia ditemani rekan setimnya Jack Miller start dari urutan terdepan. FB
Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Perancis, Ia ditemani rekan setimnya Jack Miller start dari urutan terdepan. FB

Autogear.id - Ambisi Ducati dan duo pembalapnya untuk segera tampil kompetitif mengejar ketertinggalan mereka dari tim lain, mulai terlihat agresif. Francesco Bagnaia yang akhirnya tampil kompetitif di Jerez, Spanyol dua pekan sebelumnya, mampu melanjutkan performa terbaiknya di sesi kualifikasi MotoGP Le Mans, Prancis pada Sabtu (12/5/2022).

Kompetitifnya Pecco tentu membuka kembali harapan bagi tim pabrikan asal Italia itu untuk berharap mengejar poin mereka di klasemen. Baik untuk klasemen pembalap, pun untuk klasemen tim dan konstruktor yang cukup tertinggal. 

“Awalnya saya sedikit agak tidak yakin dengan performa kami untuk sesi kualifikasi. Tapi tim memberikan paket yang sangat baik di sesi ini dan akhirnya saya bisa kembali tampil kompetitif. Ini merupakan seri Le Mans pertamaku meraih posisi start terdepan. Semoga di sesi balapan besok, kami bisa tampil konsisten,” klaim Pecco usai meraih posisi pole pertamanya di sirkuit tersebut dengan 1 menit 30,450 detik.

Kompetitifnya Pecco, ternyata juga diikuti dengan baik oleh rekan setimnya yaitu Jack Miller. Pembalap asal Australia itu mengamankan posisi start kedua dengan selisih yang tak terpaut jauh darinya yaitu 1 menit 30,519 detik. Meski demikian, Miller merasa masih harus memastikan penggunaan kompon ban untuk balapan besok.

Baca Juga:
Peluang Mir Gabung ke Repsol Honda, Tinggal Nunggu Pengumuman Resmi?

“Senang rasanya bisa mengambil posisi start kedua, ini menjadi posisi tawar yang bagus buat tim. Tapi saya masih ingin memastikan pemiluhan ban yang lebih pas untuk balapan besok. Saat melakukan pengetesan, saya melihat antara kompon lunak dan keras punya performa hampir sama baiknya. Makanya besok kami akan tentukan mana yang paling pas untuk kondisi balapan besok,” ujar Miller.

Pembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro yang akhirnya juga sanggup tampil kompetitif, kali ini kembali membuktikan performanya. Ia meraih posisi start ketiga dengan selisib yang juga tak besar dari pencapaian Pecco. 

Ia mengatakan bahwa dirinya cukup terbantu dengan kondisi trek yang berprofil lebar. Sehingga di beberapa tikungan yang tricky, Ia bisa memanfaatkan performa motornya semaksimal mungkin.

Sementara pembalap tuan rumah yang cukup diunggulkan di sirkuit ini adalah Fabio Quartararo, hanya mampu meraih posisi start ketiga. Namun meski kalah di sesi ini dan akan start di lini kedua, namun dari performa secara keseluruhan, Ia bisa tampil sangat konsisten. Kemudian disusul oleh Enea Bastiannini yang kemudian ditutup oleh Johann Zarco yang juga pembalap tuan rumah di sirkuit ini.

Hasil sesi kualifikasi MotoGP Le Mans:
1. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse
2. Jack Miller, AUS, Ducati Corse
3. Aleix Espargaro, SPA, Aprilia Racing


(uda)