Motor Baru

Bukan Minicompo, Kenalin Nih Qingqi Motocompo

Qingqi Motocompo jadi motor unik yang dipasarkan di Indonesia buat mereka yang senang motor unik. Istimewa
Qingqi Motocompo jadi motor unik yang dipasarkan di Indonesia buat mereka yang senang motor unik. Istimewa

Autogear.id – Kalau sudah uang dan selera yang bicara, motor dimodifikasi dengan semboyan Palugada (Apa Lu mau, Gue Ada) bisa saja terwujud. Seperti motor modifikasi berjuluk Qingqi Motocompo, milik Bram Marairami, juragan batu marmer asal Tulungagung, Jawa Timur ini. 
 
Basis mesin dari motor modifikasinya sendiri tergolong harta karun, karena relatif langka dan banyak dicari kolektor. Yup, motor Qingqi Baby Matic, kapasitas mesin 50cc dan 2-Tak yang limited edition! Khususnya di kalangan para pecumbu motor matik. Unik kan? Qingqi ini sepermainan dengan Sanex QJ50, Bosowa, Kasea, Nusantara hingga Malika Hero Puch.
 
Qingqi Motocompo garapan Chardo, pemilik wokshop modifikasi di depan salah satu SPBU di desa Sambidoplang, Jawa Timur. Sedikit banyak terinspirasi Honda Motocompo yang lumayan popular di Negeri Sakura. Memang tren Jap Style dengan latarbelakang matik 2-Tak, kerap digelontorkan para modifikator asal Jepang.

“Mengikuti permintaan klien yang ingin Qingqi 50cc 2-Tak ini jadi seperti Honda Motocompo. Kebetulan sepengetahuan kami, sejauh ini belum ada yang merombaknya dengan mengusung konsep tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:
Tahun Kedua GAIKINDO Jakarta Auto Week, Nih yang Spesial!

Berbekal jemari berselancar di internet, dibuatlah bodi baru dari plat besi dengan ketebalan 1 mm. Mengejar ciri khas dari Motocompo berbodi kotak, yang mengingatkan kita akan bentuk radio jaman dulu, Minicompo. Serta dibumbui setang ala-ala “Monkey Style”.

Rangka bawaan Qingqi pun disesuaikan. Lalu supaya terlihat lebih ceper, velg memakai profil ring 10 dengan tapka 300. Ban pun menyesuaikan. Sehingga dasar motor tampak enggan jauh-jauh dari muka aspal, dengan setang model Ape Hanger lumayan bikin ketiak adem.

Oh iya, pengerjaan bodi plat besi menggunakan metode keteng, serta penyambungan memanfaatkan las listrik. Tiap detil dikerjakan teliti, agar finishing nya terlihat rapi dan optimal.

Setelah sudah kelihatan bentuk keseluruhan bodi, tinggal urusan pengecetan. Ditangani oleh bengkel spray gun Agus Kadal. Campuran warna biru metalik cat Danagloss mengguyur bodi yang dikasih pemanis tulisan Motocompo, dengan latar belakang hitam.

Baca Juga:
Benavides Menang Lagi, Toby Price Siap Ambil Alih Klasemen

Tak lupa, disematkan semacam Race Number 89 di bodi kanan dan kiri. Sepertinya angka keberuntungan dari sang pemilik. Supaya bokong tak terasa panas, desain jok mendapat penyesuaian untuk kenyamanan.

Untuk ranah mesin tak banyak diubah, 50cc 2-Tak termasuk mudah dalam perawatannya. Namun agar suara terdengar sedikit gahar di telinga, dijejalkan knalpot balap bersilincer LSR. Jreeng…, jadi deh Qingqi 50cc minicompo, eh Motocompo.


(uda)