Kustomfest 2022

Chopper Electric jadi Lucky Draw Kustomfest 2022, Ini Tantangannya!

Retro Classic Cycles yang dipunggawai oleh Lulut Wahyudi yang juga Direktur Kustomfest, pun membuat sesuati yang sangat berbeda yaitu motor bergenre Chopper namun ditenagai motor listrik yang diberi nama Condrodimuko. KF
Retro Classic Cycles yang dipunggawai oleh Lulut Wahyudi yang juga Direktur Kustomfest, pun membuat sesuati yang sangat berbeda yaitu motor bergenre Chopper namun ditenagai motor listrik yang diberi nama Condrodimuko. KF

Autogear.id - Membuat konsep yang besar dari sebuah event kontes kustom motorcycle seperti Indonesia Kustom Kultur Festival (Kustomfest), bukan hal yang mudah. Apalagi event ini selalu menghadiahkan motor kustom sebagai lucky draw yang diundi dari potongan tiket masuknya. Uniknya, kali ini menuntut sebuah kendaraan yang mewakili ambisi mereka untuk terus menyesuaikan dengan keinginan pemerintah dan tuntutan zaman.  

Penyelenggaraan Kustomfest setiap tahunnya selalu menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Baik secara program untuk menaikan level kualitasnya juga dari sisi inovasi yang terus menyesuaikan diri dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Termasuk salah satunya adalah menerapkan elektrifikasi di industri kustom otomotif. 

Retro Classic Cycles yang dipunggawai oleh Lulut Wahyudi yang juga Direktur Kustomfest, pun membuat sesuati yang sangat berbeda yaitu motor bergenre Chopper namun ditenagai motor listrik yang diberi nama Condrodimuko. Bagian yang unik adalah karena motor ini sanggup menempuh jarak sejauh 200 km lho. 

Motor kustom elektrik ini digarap langsung Lulut ‘LT’ Wahyudi, owner sekaligus builder Retro Classic Cycles yang disiapkan untuk pengunjung event ini dengan membeli tiket masuk seharga Rp100.000.

Baca Juga:
Transisi Energi Targetkan Indonesia Satu dari Lima Ekonomi Terbesar di 2045

“Ini merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles selama untuk membuat sebuah karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik sekaligus menjadi trigger buat yang lain dalam membangun motor kustom listrik. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami juga banyak belajar soal teori dari para akademisi serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini," ujar Lulut dalam pernyataan resminya pada Jumat (30/9/2022).

Lulut melanjutkan bahwa selama ini mereka main dengan mesin combustion atau bahan bakar fossil dari mulai jenis V-twin, Boxer hingga mesin pesawat. "Kalau soal frame, suspensi springer, penggerak itu makanan kita sehari-hari di RCC untuk development. Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi-versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi dari kita nanti.” 

Chopper Electric Bike ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 Km dengan tiga mode riding. Soal gaya chopper, Lulut menambahkan bahwa style ini menjadi representasi gaya dari kreasi Retro Classic Cycles selama 20 tahun berkarya. “Ini karya pertama motor kustom kita dengan penggerak listrik, kita maunya ada taste berupa chopper Frisco di motor ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC.”

Proses pengerjaan motor kustom elektrik ini memakan waktu 1,5 bulan dimulai dengan konsep hingga ujicoba beberapa part elektriknya. ”Dari proses corat-coret desain pada perjalanannya banyak berubah, apalagi motor listrik kita belum pernah kerjakan sebelumnya, jadi trialnya kita kalkulasi semuanya sampai sekarang. Paling sulit adalah soal baterai, karena kita sudah menyiapkan tempat khusus untuk pembuatannya, tapi kita akhirnya pakai yang sudah ada mengingat waktu,” ujarnya. 

Baca Juga:
Mobil dan Motor Bisa Menyandang Gelar Raja Abadi pada Ajang IAM BOS

Meski demikian Lulut menambahkan bahwa dia terus memikirkan dampak lain dari penggunaan motor listrik terutama dari sampah limbah baterai. “Pengunjung yang membeli tiket KUSTOMFEST 2022 ini bisa mendapatkan kesempatan membawa pulang motor ini dan menjadi sejarah lahirnya motor chopper bertenaga listrik karya RCC, “ tutup Lulut.

“Chopper Electric Bike” KUSTOMFEST 2022 – “We’ll Be Back” Built in Hell by Retro Classic Cycles
FRAME Frame

DRIVER Motor Controller Baterry
BODY
Gas Tank Front Fender Rear Fender
SUSPENSION Front Suspension
CONTROL SYSTEM Handlebar
Hand Control Front Wheel Front Tires
Rear Wheel Rear Tires
BRAKE SYSTEM Front Brake Rear Brake
ELECTRICAL Headlight
Tail light Wiring system
PAINTING Color Painter Seat
Chopper Rigid by RCC
Mid Drive V3 Far Drive 72120 72V 24AH Dual
Kustom by Retro Classic Cycles Kustom by Retro Classic Cycles Kustom by Retro Classic Cycles
Springer, Chrome by Retro Classic Cycles
Kustom by Retro Classic Cycles Kustom by Retro Classic Cycles 19 inch spoke wheel
Avon 19 inch
16 inch spoke wheel Shinko 16 inch
Non Front brake 2 piston caliper
Cute small headlight Sparto tail light Retro Classic Cycles
Black & Flames
Titah Argayoga - Exsoutheast Chopper Seat by Retro Classic Cycles


(uda)