Penjualan Mobil Baru

Chery Genjot Target 50 Dealer dan Pabrik Setir Kanan

Hingga akhir tahun mereka targetkan 50 dealer Chery di seluruh Indonesia. Chery
Hingga akhir tahun mereka targetkan 50 dealer Chery di seluruh Indonesia. Chery

Autogear.id – Merek Chery tampaknya memiliki sejumlah target di 2023. Mulai dari rencana buka 50 dealer, hingga membangun pabrik khusus mobil setir kanan. Hal tersebut terungkap saat peresmian dealer terbaru mereka di daerah Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Harry Kamora mengatakan, hingga kini sudah ada 23 dealer Chery di Indonesia. Menurutnya, sampai semester pertama tahun ini diperkirakan ada 30 dealer Chery berdiri. 

Hingga akhir tahun mereka targetkan 50 dealer Chery di seluruh Indonesia. "Kami dari CSI sudah mempersiapkan, sekarang punya 23 outlet di seluruh Indonesia. Pasti kita akan tambah, kisarannya sampai semester satu sebanyak 30 outlet. Kemudian menjadi 50 outlet pada akhir 2023," ungkap Harry.

Menyangkut rencana pembangunan pabrik di Indonesia, Harry menyampaikan kalau Chery juga sedang mempersiapkan, Indonesia bakal menjadi basis produksi mobil Chery untuk keperluan negara dengan setir kanan.

"Keseriusan Chery di Indonesia, berawal dari kunjungan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ke China beberapa waktu lalu. Di situ sudah terdeklarasi, Indonesia ditunjuk sebagai basis produksi untuk setir kanan yang tadinya bersaing dengan Thailand," tuturnya.

Baca Juga:
Kejurnas Speed Offroad 2023 Resmi Punya 'Hidden Circuit' di Citeureup

Pihak principal Chery di China mendaulat Indonesia sebagai basis produksi setir kanan tentu bukan tanpa alasan. Lantaran diyakini memiliki pasar potensial yang tinggi dan sumber daya berlimpah untuk keperluan kendaraan listrik. Sejauh ini Chery sudah 20 tahun memproduksi kendaraan berbasis setir kiri untuk konsumsi pasar domestik. Serta keperluan pasar ekspor dengan jumlah yang relatif besar.

Terhitung, baru dua tahun lalu pihak Chery melirik negara-negara pengguna setir kanan. Sampai akhirnya memproyeksikan untuk mendirikan pabrik di suatu negara, yang ke depannya bisa dijadikan basis produksi.

"Perusahaan sementara ini sewa pabrik tiga tahun, untuk riset pasar, sekaligus pemasaran produk. Pada waktu yang sama, kami juga berhitung negara mana saja yang menggunakan setir kanan. Ada Malaysia, Thailand, Indonesia, Australia dan Selandia Baru. Hitung berapa potensinya, barulah berinvestasi di negara tersebut," urainya.

Harry melanjutkan, ketika dalam hitungan tiga tahun sudah tercapai angka yang diinginkan, Chery pun akan langsung melakukan proses pembangunan pabrik utama. Kini CSI telah memulai proses produksi Tiggo Pro Series di pabrik rekanan, PT Handal Indonesia Motor. Adapun model Chery yang diproduksi secara Completely Knock Down (CKD) di Indonesia adalah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Baca Juga:
Biar Puas, Begini Urutan Cuci Mobil Mandiri di Rumah

Chery Pluit Siap Melengking
Jakarta Utara masih jadi magnet pabrikan mobil di Indonesia. Chery pun terpancing, dengan membuka dealer di sana, di Jl. Pluit Indah Nomor 15, Penjaringan, Jakarta Utara. Dikelola PT Arta Bumi Motor, untuk memperluas jangkauan. Dealer Chery Pluit siap melengking lewat fasilitas penjualan, servis, dan suku cadang (3S). Ditopang 6-Star Service sesuai ketentuan Chery untuk mengakomodir kebutuhan calon konsumen.
 
Direktur Utama PT Arta Bumi Motor, Herman Suryahusada mengatakan, dealer eks showroom Renault ini sebetulnya sudah beroperasi sejak Agustus 2022. "Baru diresmikan, karena ingin pastikan dulu kelengkapan fasilitasnya, terkait pengalaman 3S kepada konsumen,” pungkasnya.


(uda)