Mobil Baru

Hyundai Upayakan Kirim Creta ke 1.200 Pemesan, Mulai Februari

Hyundai Creta diupayakan mulai dikirim ke konsumen secepatnya.  AG/Ahmad Garuda
Hyundai Creta diupayakan mulai dikirim ke konsumen secepatnya. AG/Ahmad Garuda

Autogear.id - Ada kabar gembira buat kalian yang sudah melakukan pemesanan Hyundai Creta, baik sejak pameran GIIAS 2021 lalu, maupun yang baru-baru saja melakukannya lewat dealer Hyundai di seluruh Indonesia. Yaitu mulai Senin 17 Januari 2022, mobil tersebut akan diproduksi secara massal untuk konsumen. 

Hal ini dikonfirmasikan langsung oleh Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di kawasan pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat pada Kamis (13/1/2022). Bahwa mulai pekan depan akan dilakukan produksi secara massal untuk produk Creta. Semua bagian di proses perakitan mobil ini sudah siap. 

"Pabrik kami sudah siap untuk memproduksi Creta dan diusahakan pada Februari nanti sudah bisa dilakukan delivery, tergantung warna. Kalau di Indonesia karakter pasarnya memang cukup unik, lantaran konsumen ini ingin merasakan semua keunggulan yang dihadirkan untuk varian tertinggi. Makanya lebih banyak yang menjatuhkan pilihan ke tipe Prime," ujar Makmur.

Ia juga menilai bahwa saat ini mereka akan memfokuskan pemenuhan kendaraan untuk pemesanan yang sudah masuk ke mereka. Dari data yang dipaparkan oleh Makmur, terdapat 1200 surat pemesanan kendaraan untuk Creta saat ini. Mayoritas masih di wilayah Jawa, tapi hampir semua dealer mereka, menyumbang pemesanan SUV 5 penumpang ini.

Baca Juga:
Awas Jangan Pecicilan, Toyota New Fortuner Lebih Galak!

Ia melanjutkan bahwa pemesanan sebanyak 1200 itu juga patut digarisbawahi. Angka itu malah terjadi ketika unit pajangan justru belum ada. Jika nanti sudah ada yang terpajang di dealer, ceritanya bisa lain lagi. Terlebih jika sudah ada kegiatan kampanye dan lain sebagainya.

Lantaran sejak awal pabrik di Indonesia juga akan dijadikan basis produksi untuk Creta, maka nantinya akan dialokasikan unit untuk pasar ekspor. Namun mereka belum berani untuk berspekulasi soal kapan ekspor Creta akan mulai dilakukan. Termasuk negara-negara tujuannya, lantaran ini akan sangat bergantung kondisi ekonomi global.

Menyinggung soal harga, Makmur tak segan berbagi informasi soal ini. "Kalau harga yang sudah kami tetapkan di awal peluncuran mobil, sebenarnya itu harga yang kami sesuaikan untuk 2022. Jadi tidak akan ada kenaikan harga lagi karena sudah disesuaikan. 

Pabrik ini sebenarnya sudah beroperasi sejak akhir 2021, namun harus dilakukan percobaan produksi untuk beberapa lama. Termasuk melakukan verifikasi terhadap kesesuaian dan kualitas sistem robotik di pabrik tersebut. Jumlah mobil Creta yang telah diproduksi pun mencapai 380 unit dan dinyatakan semuanya sudah lulus uji. 

Mengenai pemenuhan pasar otomotif nasional, Makmur menegaskan mereka siap berapa pun banyaknya pesanan yang masuk. Lantaran kapasitas produksi pabrik ini mencapai 150 ribu unit per tahun bahkan masih bisa ditingkatkan lagi.

Harga dan varian Hyundai Creta 2022:
ActiveMT Rp 279.000.000
Trend MT Rp 299.000.000
Trend IVT Rp 319.000.000
Style IVT Rp 359.000.000
Prime IVT Rp 397.500.000
Prime Two Tone Roof IVT Rp 399.000.000 


(uda)