Serba-Serbi MotoGP

Wild Card Yamaha Untuk Lorenzo Ternyata Ide Vinales

Maverick Vinales merupakan otak dibalik keputusan Yamaha menurunkan Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya, Juni 2020 nanti. CMG
Maverick Vinales merupakan otak dibalik keputusan Yamaha menurunkan Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya, Juni 2020 nanti. CMG

Autogear.id: Hadiah wild card Yamaha untuk Jorge Lorenzo di seri MotoGP Catalunya pada 7 Juni 2020 mendatang, ternyata ide dari pembalap utama Yamaha MotoGP yaitu Maverick Vinales.

Seperti yang kita ketahui, Lorenzo sudah mengumumkan pensiun dari MotoGP. Namun musim ini, pria Spanyol yang pernah memperkuat Ducati dan Honda tersebut dikontrak kembali oleh Yamaha sebagai test rider. 

Menurut Vinales, musim lalu Yamaha selalu kesulitan dalam mengandalkan data dari rider tes dan satu-satunya cara agar secara akurat mengevaluasi temuan baru adalah dengan menempatkan rider tes tersebut dalam sebuah balapan resmi. 

"Terkadang ketika kita menguji sesuatu, kesalahannya terjadi pada hari Senin (setelah balapan), semua karet Michelin ada di lintasan. Jadi 'lap time'-nya sangat cepat, selalu ada cengkeraman yang fantastis dan sulit untuk mengevaluasi bagian baru," ujar Vinales dikutip dari situs resmi MotoGP. 

"Saya pikir sangat penting bagi Yamaha jika Jorge mendapat lebih banyak wild card. Itu akan sangat bagus karena lebih efektif menguji item baru dan benar-benar membuktikan hasil tes bekerja dengan baik selama balapan akhir pekan."

Vinales sendiri saat ini sedang menjalani masa penyembuhan pasca mengalami cidera akibat kecelakaan ketika latihan motocross pada tanggal 12 Maret silam. 

Namun begitu, Vinales masih memiliki cukup waktu untuk memulihkan kebugarannya karena seri pembuka MotoGP 2020 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Jerez tanggal 3 Mei nanti. 

Akibat wabah Corona, balapan kelas utama MotoGP mengalami penundaan hingga empat kali. Mulai dari seri Qatar yang batal, lalu Thailand ditunda, kemudian Austin hingga seri Argentina juga harus ditunda. 


(uda)