Motor Baru

New Honda CBR250RR Meluncur, Lebih Beringas dan Banyak Ubahan?

New CBR250RR kini mendapatkan upgrade besar-besaran di sektor mesin. AG-Uda
New CBR250RR kini mendapatkan upgrade besar-besaran di sektor mesin. AG-Uda

Autogear.id - Motorsport terbaru Honda yaitu CBR250RR hari ini Senin (19/9/2022) mendapat ubahan yang cukup banyak. Meski terlihat minim dari sisi tampilan, tapi ubahan yang cukup besar dilakukan di sektor mesin yang mempengarui performa motor ini secara keseluruhan. Hal ini dipaparkan langsung oleh President Director AHM Keiichi Yasuda. Ia menegaskan bahwa New CBR250RR saat ini menjadi supersport 250cc ini dikenal karena performa tingginya.

Disematkannya ragam perubahan terbaru di motor ini menjadi jawaban bahwa Honda benar-benar punya target besar di semua kelas. Mengingat segmen motor sport di tanah air menurut Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, masih cukup besar yaitu 5 persen dari total penjualan motor di Indonesia.  

“New CBR250RR diproduksi dengan teknologi tinggi di pabrik AHM Karawang. Pada beberapa bagian teknologi mesin ini mengadopsi tingkat akurasi seperti model Big Bike. Kami berharap dapat terus mewujudkan kualitas terbaik untuk memberikan kesenangan berkendara bagi konsumen Honda,” ujar Yasuda.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan motor berforma tinggi menjadi impian para pecinta sepeda motor di Indonesia. New CBR250RR yang dikembangkan melalui proses produksi berteknologi canggih dan layanan purna jual premium di jaringan sepeda motor Honda diharapkan dapat memenuhi impian tersebut.

Baca Juga:
Bastiannini Tekuk Pecco, Trik Menyerang Penuh Ampuh di Aragon

“Keahlian putra-putra bangsa di pabrik AHM Karawang menjadi penentu utama kualitas motor supersport CBR250RR yang telah diekspor ke mancanegara dan menjadi bagian kebanggaan negeri ini. Para pecinta sepeda motor yang menyenangkan dapat merasakan langsung sensasi dan kebanggan memiliki motor berkualitas tinggi produksi anak bangsa ini di jaringan Wing Dealer Honda,” ujar Loman.

Sekilas soal ubahan yang disematkan di antaranya adalah sistem quickshifter yang baru. Fitur ini punya 4 cara kerja yang bisa diatur. Di antaranya adalah bekerja untuk oper gigi naik dan turun, kemudian naik saja, turun saja dan terakhir adalah posisi off. 

Selain Quick Shifter, fitur Assist/Slipper Clutch juga hadir pada varian New CBR250RR SP dan SP Quick Shifter. Slipper Clutch berfungsi untuk mengurangi resiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim, sehingga dapat mencegah ban belakang selip serta menambah kenyamanan berkendara. 

New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 kW (42 PS) / 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5 kgf.m)/ 11.000 rpm. Mesin 250cc 2-silinder memberikan kelincahan pada CBR250RR sekaligus memperkuat performa sesuai konsep Total Control.

Baca Juga:
Peluang Besar TGRI jadi Juara di Kejurnas Slalom 2022

Seluruh varian CBR250RR juga telah disematkan Throttle By Wire yang menjadi pendobrak standar baru saat Honda CBR250RR pertama kali diluncurkan. Throttle By Wire menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi. Untuk memaksimalkan fungsinya, Throttle By Wire dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan, mulai berkendara secara agresif di sirkuit hingga jalanan padat perkotaan.

AHM menghadirkan warna baru untuk New CBR250RR varian SP yakni Mystique Blue yang dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp75.150.000,-. Sedangkan, untuk varian SP – Quick Shifter hadir dengan harga baru Bravery Red Black, Honda Racing Red dan Tri Color yang dibandrol mulai dari untuk Rp79.200.000,- OTR (On The Road) DKI Jakarta.

New CBR250RR varian Standar hadir dengan dua pilihan warna yakni Black Freedom dan Mat Gunpowder Black Metallic dipasarkan mulai dari Rp62.850.000,- OTR (On The Road) DKI Jakarta.


(uda)