Motor Baru

Hanya 1913 Unit di Dunia, V100 Aviazione Navale Mengaspal di Indonesia

Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale mulai hadir di Indonesia, lewat kepanjangan tangan PT Piaggio Indonesia. PI
Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale mulai hadir di Indonesia, lewat kepanjangan tangan PT Piaggio Indonesia. PI

Autogear.id – Usai debutnya di ajang bergengsi EICMA 2022, diikuti peluncuran resmi untuk Asia Pasifik pada Juni 2023, kini Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale mulai hadir di Indonesia, lewat kepanjangan tangan PT Piaggio Indonesia. Kendaraan ini menjadi model terbaru dalam keluarga Moto Guzzi, menjadikan varian V100 sebagai dasar. Pondasi baru untuk kendaraan roda dua Moto Guzzi generasi baru, dalam beberapa tahun mendatang. 

Managing and Country CEO of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan, mereka membawa model ini dalam edisi terbatas. Sebagai perayaan paling eksklusif dari evolusi Moto Guzzi dan warisan antara Moto Guzzi dan Italian Naval Aviation (Penerbangan Angkatan Laut Italia). “Hanya 1913 unit di seluruh dunia, motor ini dilengkapi livery khusus yang terinspirasi jet tempur F-35B yang digunakan Angkatan Laut Italia. Dilengkapi adaptive aerodynamic, dan kekuatan mesin blok kompak terbaru. Menjadi bagian dari masa depan Moto Guzzi ke depannya,” tuturnya.

Piaggio menandai perayaan hari jadi ke-100 dari merek ini pada 2021 lalu, dengan memulai sejarah baru. Di pabrik Mandello del Lario, yang terus menjadi pusat dari semangat merek tersebut, dia mendapat wajah baru. Antara lain berkat berbagai proyek yang dikembangkan untuk merestrukturisasi, memperluas, dan mengembangkannya dalam beberapa tahun ke depan. 

Di lokasi tersebut, yang dibuka untuk umum, semangat yang dihadirkan oleh merek berlogo elang ini bisa lahir kembali, dan dinikmati para penggemarnya. “Angka 100 pada produk ini melambangkan abad pertama yang sudah berlalu. Periode penuh semangat, keterampilan, inovasi, dan keberhasilan, baik dalam bidang olahraga maupun komersial, yang memungkinkan lahirnya sejumlah motor terbaik dan dicintai di dunia,” ungkap Marco. 

Baca Juga:
Uniknya Rekor MURI Persembahan Ban FDR, Seperti Apa?

Mengusung desain dengan dimensi kompak, dikombinasi kenyamanan dan perlindungan motor touring, berkat teknologi dan solusi aerodinamika yang diadopsinya. Kendaraan ini pun menjadi Moto Guzzi pertama yang memiliki mesin baru “compact block” berkarakteristik teknis modern dan canggih. Piaggio mengklaim, model Special Edition “Aviazione Navale” ini sebagai kendaraan roda dua pertama di dunia berteknologi adaptive aerodynamics. 

Posisi deflector di sisi tangki motor berkapasitas 17L tersebut bisa disesuaikan secara otomatis berdasarkan kecepatan dan mode berkendara. Teknologi ini mencakup six-axis inertial platform dan cornering ABS, yang menjamin keamanan dan stabilitas berkendara. Hasilnya, pengendara bisa menikmati kontrol kendaraan dan pengereman lebih optimal, untuk bermanuver lebih halus.

Selain itu, motor ini juga mendukung empat mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan serta cuaca. Yaitu mode Tour, Rain, Road, dan Sport. Keempatnya otomatis menyesuaikan pemetaan mesin, pengereman, kontrol traksi, hingga bukaan deflektor.


(uda)