Komponen Otomotif

Menggiurkan, Toko Komponen Otomotif Ini Rambah Pasar Fleet

Tokoparts mendedikasikan diri untuk jadi platform toko penyedia komponen otomotif di Indonesia dengan hanya melayani penjualan secara B2B. TP
Tokoparts mendedikasikan diri untuk jadi platform toko penyedia komponen otomotif di Indonesia dengan hanya melayani penjualan secara B2B. TP

Autogear.id – Ketidakefisienan dan ketidakpraktisan dalam pengadaan dan pelayanan, menjadi salah satu kendala penyebaran komponen dan suku cadang otomotif di tengah-tengah pasar. Hal itu lantas membuat Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia memperkuat komitmen. 

Mereka pun menjadi platform online penyedia suku cadang B2B papan atas di Indonesia. Perusahaan ini pun mengaku mulai menyasar pasar korporasi dan fleet, dengan memberikan one stop solutions. Bagi banyak perusahaan yang punya armada kendaraan operasional. Baik itu dengan melakukan perbaikan sendiri, maupun penyedia jasa perbaikan otomotif.

CEO Tokoparts Kosei Takami, dalam keterangannya mengatakan, pihaknya selalu mencoba menjawab kebutuhan pasar, dengan mengembangkan tim dan layanan yang ada di platform mereka.

“Kami lihat korporasi penyedia jasa layanan otomotif memiliki pain points. Yakni ketidakpraktisan dalam pengadaan, ketersediaan dan kelengkapan suku cadang, kecepatan pengiriman serta one stop shopping. Padahal korporasi tersebut bisa menemukan segala kebutuhan suku cadang dengan merek berbeda di satu platform,” tuturnya.

Baca Juga:
Intip Mobil-Mobil yang Nongol di Kopdar Perdana American Muscle Car

Kata Kosei, ini merupakan upaya perusahaannya dalam mengembangkan bisnis, serta menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia. Secara nasional, target mereka tahun ini menjangkau lebih dari 100 corporate fleet, dan 2.500  bengkel serta pebisnis suku cadang. “Ke depan, kami senantiasa berinovasi dan bertransformasi, menjawab kebutuhan pengadaan suku cadang yang orisinal, seamless dan lengkap,” akunya.

Namun kebanyakan korporasi penyedia jasa otomotif atau fleet company punya armada dengan mobilitas operasional yang tinggi. Kantor yang bisa saja ada di Jakarta, tetapi mobilitas bisa di berbagai daerah.

Sehingga menurut Kosei, untuk fokus pada pasar ini serta bentuk keseriusan, Tokoparts pun perlahan membuka titik-titik distribusi. Seraya melengkapi ketersediaan stok untuk menjawab kebutuhan. “Tentunya tanpa mengabaikan keperluan dari bengkel-bengkel serta pebisnis suku cadang otomotif mitra setia kami,” ucapnya.

Sebagai gambaran, Tokoparts didirikan pertengahan 2020. Memiliki layanan mulai dari konsultasi produk, memasok dan mendistribusikan suku cadang. Saat ini mempunyai lebih 40.000  produk dari 9 suku cadang brand genuine, serta lebih dari 30  brand aftermarket. Juga membantu lebih dari 1200 bengkel dan pebisnis suku cadang di Jabodetabek serta Surabaya.

Setelah pada Februari kemarin meresmikan kantor cabang dan pusat distribusi di Surabaya, untuk menjangkau pasar Jawa Timur dan Bali. Hari ini, Rabu (18/5/2022), Tokoparts juga membuka titik distribusi di Bandung, untuk menjangkau pasar Jawa Barat.


(uda)