Pasar Mobil Baru

New Cortez, MPV Turbo yang Tantang Innova Pakai Banderol Avanza

Wuling digadang-gadang menempatkan New Cortez sebagai ancaman di segmen MPV premium. WM
Wuling digadang-gadang menempatkan New Cortez sebagai ancaman di segmen MPV premium. WM

Autogear.id – Masih menikmati euforia bersama mobil listrik perdananya, Air ev, tampaknya tak membuat Wuling Motors melupakan varian yang lainnya. Sebut saja salah satunya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) premium, dimana Wuling memperkenalkan model terbaru Wuling New Cortez.

Wuling digadang-gadang menempatkan New Cortez sebagai ancaman di segmen MPV premium. Diplot sebagai penantang Toyota Innova, akan tetapi New Cortez malah dilepas ke pasaran dengan harga yang bermain di rentang Avanza. Pabrikan mobil asal Negeri Tirai Bambu ini merilis banderol New Cortez CE untuk on the road (OTR) Jakarta Rp268,3 Juta. Serta varian tertinggi yakni New Cortez EX dipatok harga Rp306,65 Juta OTR Jakarta.
 
Yuk diintip sebagai perbandingan harga. Avanza terbaru kasta terendah saja sekarang ini mulai dilego dari harga Rp233,1 Juta OTR Jakarta. Sementara tipe tertingginya, yakni Veloz dijual dengan harga Rp332,6 Juta. Menjadi pertanyaan, apakah harga yang kompetitif tersebut mengurangi kenyamanan yang ditawarkan? Karena bicara kualitas, ada harga ada barang.
 
Mari sedikit diulas, dari sisi desain eksterior, dikatakan pihak Wuling Motors, New Cortez kian mewah lantaran menyematkan velg two tone alloy 16 inci. Belum lagi adanya penambahan fitur Electric Sunroof, Projector Headlamp, Daytime Running Light, Rain Sensing Wiper, serta Roff Rail. Memperkuat eksistensi performa mobil ini. 

Baca Juga:
Percepatan EV Digenjot, Bakal Bebas Biaya Parkir dan Tol Gratis

 
Merambah ke sektor kabin, Cortez teranyar ini dikabarkan sudah mengadopsi jok model Captain Seat. Jadi joknya satu-satu layaknya tempat duduk kapten pilot pesawat. Apa keuntungan jok model ini? Yang pasti, selain elegan dan berkesan mewah, menambah nuansa lapang, serta akses untuk penumpang beranjak duduk di jok baris ketiga relatif lebih gampang.
 
Masih seputar tempat duduk, New Cortez mendapat penyegaran dan aspek kenyamanan dengan Multipurpose Seat Tray, juga Elegant Black Marble dengan Premium Black Semi-Leather Seats. Tuntas sampai di situ? Belum juga sih. Tidak ketinggalan adanya penambahan pengoperasian otomatis pada seluruh jendela. Satu di antaranya termasuk fitur Anti Pinch. 
 
Kemudian bicara fitur pintar pada Cortez terbaru ini, Vice President Wuling Motors, Han Dehong menjelaskan, kalau mobil keluarga ini mendapat ragam pembaruan dan penambahan fitur pintar. Alhasil, fitur pintar yang terdapat pada model ini menempatkannya masuk ke dalam kategori lini produk yang menggaet predikat Wuling Silver Logo.
 
Salah satu fitur pintar sebagai sebuah inovasi yang lumayan menohok adalah pemanfaatan Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND). Lewat fitur WIND, pengemudi ataupun penumpang bisa melakukan beragam pengoperasian kendaraan dengan perintah berbahasa Indonesia.

Baca Juga:
Bertempur di IMX 2022, Atta Halilintar Avanza Listrik?

 
Caranya, cukup dengan kata kunci 'Halo Wuling', pengemudi atau penumpang bisa buka-tutup jendela. Lalu mengakses hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon dan banyak lagi. "New Cortez sebagai produk ketiga yang dilengkapi WIND, dan menjadi model yang kedua yang mengaplikasikan Internet of Vehicle (IoV),” terang Han Dehong.
 
Pembaruan lain yang bisa dilongok adalah adanya Head Unit 10.25 inci display, bukan hanya sebagai peranti hiburan selama bepergian. Melainkan juga berpotensi sebagai koneksi Mirrorlink tanpa kabel, USB Fast Charging, Internet Connectivity, navigasi sampai dengan pengaturan kendaraan.
 
Berkat Head Unit ini, New Cortez sudah bisa terkoneksi dengan ponsel pemiliknya melalui aplikasi My Wuling+. Sebagai mobile aplikasi, di dalamnya terdapat sejumlah fitur seperti Bluetooth Key, Remote Control, Vehicle Positioning, dan Geo-Fencing Security. Melalui Bluetooth Key, pengguna bisa membuka dan mengunci pintu melalui aplikasi via koneksi Bluetooth. Lalu di fitur Remote Control, pengguna bisa memanaskan mesin mobil atau menyalakan AC dari jarak jauh. 
 
New Cortez kini andalkan mesin bensin 1.500cc Turbocharged, memproduksi tenaga sebesar 140 HP dan melontarkan torsi maksimum 250 Nm. Lanjut disalurkan ke roda depan, lewat Continuous Variable Transmission (CVT). Untuk fitur keselamatan, New Cortez terbilang jor-joran. Rear Parking Camera, Front & Rear Parking Sensor, Seat Belt Reminder, dan Hill Hold Control (HHC).

Baca Juga:
Bakal Betot Xpander, Ini Persiapan Rifat Sungkar Buat APRC

 
Ditambah lagi fitur Auto Vehicle Holding (AVH), Dual SRS Front & Side Airbags, ISOFIX car seat, Electronic Stability Control (ESC), serta Front and Rear Disc Brake. Terakhir adalah fitur Electric Parking Brake, sistem deselerasi ABS, EBD, BA, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal (ESS), hingga Anti Fatigue Warning.


(uda)