Honda All New Civic Punya Teknologi Keselamatan Canggih, Apa Itu?

All New Civic (Foto: HPM)
All New Civic (Foto: HPM)

Autogear.id - Dipasarkan sejak 1976, sedan legendaris Honda Civic terbaru generasi ke-11 kembali diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Kini all new Honda Civic pun mengusung emblem RS. Yang diklaim HPM sebagai bagian dari lini Honda berpenampilan lebih sporty.

HPM mengakui telah menyematkan serangkaian fitur canggih yang untuk pertama kalinya di model ini, termasuk teknologi keselamatan canggih Honda Sensing.

Honda Sensing adalah sebuah rangkaian teknologi keselamatan pengemudi dan penumpang. Dengan cara memberi peringatan, hingga secara otomatis mengambil tindakan demi mengurangi risiko kecelakaan. 

Honda Sensing sendiri meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), dan Adaptive Cruise Control.

Dikatakan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, all new Honda Civic RS merupakan sebuah sedan sporty berteknologi tinggi yang kini hadir dengan lebih banyak fitur canggih dan pertama di kelasnya. 

“Mobil ini didesain untuk konsumen bergaya hidup modern dan aktif, karakter pemimpin yang menyukai tantangan dan selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru”, tukas Billy dalam jumpa pers virtual peluncuran all new Honda Civic RS, Kamis (28/10).

Lanjut Billy, dengan dilengkapi berbagai pembaharuan dan teknologi yang semakin lengkap, All New Honda Civic RS menawarkan value for money tinggi bagi konsumen di Indonesia.

Spesifikasi dan Fitur Baru All New Civic RS

embed

Selain teknologi Honda Sensing, all new Civic RS yang diperkenalkan hanya satu model ini, dari sisi eksteriornya juga menyajikan perubahan desain lebih sporty dibanding generasi sebelumnya. 

Desain grille depan baru menyatu dengan Full LED Headlight yang juga dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dan LED Turning Signal. 

Auto Foldable Door Mirror berwarna hitam dipadu aerokit eksklusif RS. Seperti Sporty Aero Trunk Spoiler, 17” Sporty Matte Black Alloy Wheels, Shark Fin Antenna, plus gagang pintu mobil dengan aksen hitam.

Sementara bagian belakang tampilkan Dual Exhaust Pipe Finisher serta Rear Combi Lamp with LED Light Bars. 

Bagian interior diperkuat sejumlah teknologi yang dapat dengan mudah diakses dan dikontrol pada kabin depan. Interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting kini hadir dengan tampilan full digital yang lebih besar, sebesar 10,2”. 

Pada fitur tersebut, sebagian besar aktivitas pada mobil akan ditampilkan pada meter cluster, seperti Honda Sensing, sistem navigasi, rear seat reminder, hingga aktivitas lampu indikasi pada kendaraan seperti saat lampu headlight, dan blinker hazard.

Terdapat pula beberapa teknologi terbaru pada model ini yang akan memungkinkan pengendara lebih mudah mengontrol dan terkoneksi dengan mobil. 

Mulai dari fitur Walk-Away Auto Lock yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. 

Juga fitur Rear Seat Reminder dimana akan terdapat informasi pada panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di bagian belakang kabin apabila sebelumnya pengendara telah membuka pintu belakang. 

Untuk pertama kalinya pula pada jajaran mobil Honda dan di kelasnya, Honda Smart Key Card ringkas dan seamless hadir sebagai alternatif pengganti remote control. 

Kunci yang berbentuk seperti kartu itu memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock.

New Honda Civic RS mengusung mesin yang telah mengalami pembaharuan dengan 1.5 liter DOHC VTEC Turbo.

Sehingga menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm, yang diklaim terbesar di kelasnya. 

Tersedia pula fitur Sport Mode untuk pengaturan performa lebih agresif, didukung fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi yang lebih sporty. 

Selain itu, terdapat juga Econ Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

All New Honda Civic RS menawarkan 4 pilihan warna; Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl yang dijual dengan harga Rp 567.000.000 on the road DKI Jakarta.


(acf)