Autogear.id: Agenda balapan Formula 1 2020 memang sedang terganggu dengan fenomena penyebaran virus Corona, namun penyelenggara F1 nyatanya tetap berhasil melakukan lobi kepada beberapa sponsor baru. Liberty Media selaku promotor F1 mencapai kata sepakat kerja sama jangka panjang dengan Saudi Aramco.
Aramco merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang pengembangan energi dan produk-produk kimia lainnya.
Hanya saja, perusahaan yang berbasis di Arab Saudi ini masuk kategori perusahaan penyumbang terbesar emisi karbon. Sejak tahun 1965, Saudi Aramco ditaksir sudah menyumbang sebanyak 60 milyar ton karbon dioksida.
Tentu ini unik, lantaran ajang balap F1 hampir satu dekade semakin konsen di penggunaan teknologi ramah lingkungan. Misalnya kapasitas mesin yang lebih kecil, lalu penggunaan teknologi turbo untuk membantu melakukan dorongan yang lebih kuat saat akselerasi, hingga pemanfaatkan energi panas dari sistem pengereman untuk mengisi ulang baterai. Teknologi ini biasa juga disebut dengan pengereman regeneratif.
Dalam skema kerja samanya dengan F1, Aramco akan menjadi title sponsor untuk beberapa grand prix seperti GP Amerika Serikat, GP Spanyol, dan GP Hungaria.
"Kami dengan bangga mengumumkan Aramco sebagai keluarga F1 dalam kerjasama jangka panjang. Kita akan memulai di musim 2020," kata CEO F1, Chase Carey.
Carey menambahkan, kolaborasi F1 dengan Aramco juga diharapkan bisa menghadirkan terobosan dan inovasi baru di sektor bahan bakar dan teknologi.
Sementara itu, Aramco President Amin H. Nasser menjelaskan keikutsertaan Aramco sebagai sponsor utama F1 bertujuan untuk berkontribusi dalam menghadirkan perubahan baru di F1 ke arah yang lebih baik.
"Kami senang bekerjasama dengan F1, sebuah brand global dengan jutaan penggemar. Sebagai perusahaan energi, Aramco punya ambisi untuk memberikan perubahan serta menawarkan solusi untuk membawa sumber energi yang bersih dan performa mesin yang lebih kuat. Bergabung di F1 sangat penting untuk mencapai ambisi kami," terang Nasser.
Kehadiran Aramco semakin melengkapi partner global F1 lainnya seperti DHL, Emirates, Heineken, Pirelli, dan Rolex.
(uda)