Balap Motor

Hasil Manis Pembalap Muda Honda di Ajang TTC 2023

Pembalap Indonesia mulai tancapkan taji di ajang balap negara jiran. AHRT
Pembalap Indonesia mulai tancapkan taji di ajang balap negara jiran. AHRT

Autogear.id – Hasil manis dipersembahkan Decksa Almer Alfarezel, pebalap muda binaan Honda yang sukses menyabet podium tertinggi. Dalam seri kedua, di race kedua ajang Thailand Talent Cup (TTC) 2023, di Chang International Circuit, Buriram, Thailand (9/4). 

Apa yang diraih pebalap asal Ciamis, Jawa Barat ini melengkapi capaian podium kedua pada race pertama dan 2 podium lainnya, dari pebalap muda Muhammad Kiandra Ramadhipa. “Saya puas oleh hasil putaran kedua TTC ini. Setelah di race 1 hanya berada di posisi 2, di race 2 saya bisa raih podium tertinggi. Ini bekal pengalaman saya setahun lalu di sirkuit Buriram,” kata Decksa. 

Diakuinya, kunci kemenangan kali ini adalah berupaya mengatur strategi dalam melakukan pengereman efektif. “Semoga pada putaran berikutnya saya bisa terus konsisten,” ujar Decksa lagi. Seri kedua TTC digelar dua race dengan masing-masing race 15 lap. Duo pebalap belia Decksa dan Ramadhipa, berhasil menyuguhkan penampilan konsisten.

Mereka memberikan persaingan ketat bagi pebalap lain sejak race pertama. Penampilan apik keduanya berlanjut pada race kedua, dengan mendominasi balapan pada 5 lap terakhir. Hingga mampu memberikan prestasi terbaik pada putaran kali ini. Race pertama, Decksa mulai balapan di grid kedua sesuai hasil kualifikasi. Dia mampu start dengan baik, sehingga mendominasi balapan sejak awal. 

Baca Juga:
Siap-Siap Berburu Kendaraan Listrik Pasca Lebaran!

Decksa yang selalu berada di posisi tiga besar, bersaing ketat selama balapan berlangsung hingga berhasil finis di urutan kedua. Lalu pada race kedua, Decksa memulai balapan pada grid ke-2 berdasarkan best lap pada race pertama. Awal balapan, Decksa sempat berjuang di posisi kelima. Namun secara perlahan dirinya fokus dan memperbaiki posisi. Hingga di penghujung balapan menyabet podium tertinggi. 

Saat ini, Decksa berhasil mengumpulkan 78 poin dan menempati posisi 2 klasemen sementara. Dengan selisih 4 poin dari pemuncak klasemen. Ramadhipa memperlihatkan perkembangan signifikan dalam seri kedua tahun pertamanya. Pada dua race di seri ini, Ramadhipa start dari posisi ketiga. Langsung bersaing ketat dalam perebutan podium dengan 4 pebalap lain.

Hingga penghujung 2 lap terakhir, dia menempati posisi kelima. Namun tekad kuat membuatnya berhasil melewati dua pebalap lain di lap akhir. Dia pun sukses merebut posisi ketiga, dan mengumpulkan 56 poin dari empat kali balapan pada ajang TTC 2023 ini. 

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, raihan membanggakan para pebalap binaan AHM pada ajang TTC melalui podium pada 2 race berturut-turut. Menunjukkan semangat juang tinggi yang dimiliki para pebalap, dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah balap internasional.

Baca juga:
Kontes Safety Riding Advisor Tetap Seru Meski Puasa!
 
 
“Kegigihan para pebalap muda dalam mengharumkan Indonesia patut diapresiasi. Prestasi mereka jadi bekal positif hadapi balapan berikutnya. Jenjang balap selanjutnya akan semakin menantang. Pembinaan berjenjang kami akan terus menemani mereka hingga ajang balap tertinggi,” beber Andy.
 
TTC 2023 menyisakan empat putaran lagi. Balapan selanjutnya kembali digelar di Chang International Circuit, pada 2-4 Juni mendatang.


(uda)