Kontes Modifikasi

Lima Seleb Mulai Adu Jago Bikin Mobil Modifikasi di Live Modz Challenge

Lima seleb tanah air ini bakal adu kreatifitas dalam melakukan modifikasi kendaraan di Indonesia Modification Expo. IMX
Lima seleb tanah air ini bakal adu kreatifitas dalam melakukan modifikasi kendaraan di Indonesia Modification Expo. IMX

Autogear.id - Konten tahunan Live Modz Challenge kembali digelar, mengusung tema Black Stone Live Modz Challenge 2022 ‘Perang Bintang’. Mengiringi gelaran series OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2022 ‘The Indonesian Kalcer’, 1-2 Oktober di Hall A, Jakarta Convention Center.

Berbeda dari tahun sebelumnya, gelaran ke-4 ini dikemas dengan menghadirkan terobosan baru. Terutama untuk para kontestan terpilih, dari sekian banyak calon pendaftar yang diterima panitia dan juri.

Terpilih 5 kontestan sesuai proses seleksi dan kurasi. Mereka adalah Raffi Ahmad, Gading Marten, Uya Kuya, Andre Taulany, dan Atta Halilintar. Para kontestan ini mengerjakan mobil modifikasi masing-masing, dengan dukungan produsen aftermarket, bengkel spesialis, dan modifikator anggota National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Memastikan kompetisi ini berlangsung ketat dan kompetitif, tim juri yang terdiri dari pebalap dan Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Mobility Rifat Sungkar, mantan pebalap Fitra Eri, serta perwakilan NMAA, akan menetapkan poin regulasi baru, sebagai pedoman penilaian.

Baca Juga:
Quartararo Beringas, MotoGP Catalunya Penuh Drama

Dalam pembukaan ‘Perang Bintang’ kemarin, Ketua MPR RI, yang juga Ketua Umum IMI serta Ketua Dewan Pembina NMAA, Bambang Soesatyo mengatakan, para kontestan akan bersaing memperebutkan Piala Ketua MPR RI dan hadiah total Rp 1 miliar.

"Kompetisi ini merupakan persembahan NMAA, untuk turut serta memulihkan geliat perekonomian nasional pasca covid-19. Lewat kegiatan modifikasi otomotif yang merupakan bagian dari sektor ekonomi kreatif,” kata lelaki yang terbiasa dipanggil Bamsoet.

Ditambahkannya, para kontestan merupakan public figure yang eksis di dunia hiburan, menunjukkan gebrakan baru pada skema otomotif dan modifikasi Indonesia. Dia ambil contoh, sebuah riset pasar di Amerika Serikat menyebutkan, muncul kecenderungan anak muda di sana tak lagi aktif beli mobil. Mereka lebih suka lakukan personalisasi mobilnya.

“Kalaupun beli, mereka pilih mobil modifikasi. Itu juga mungkin saja terjadi di Indonesia, dengan 64 juta penduduk usia 16-30 tahun. Membuat pengembangan usaha modifikasi otomotif sangat cerah," terang Bamsoet.

Baca Juga:
Salah Baca Jumlah Lap, Bikin Espargaro Merugi 9 Poin

IMX Project Director Andre Mulyadi mengatakan, 5 kontestan terpilih tentu punya konsep modifikasi personal. Tantangannya adalah gunakan basis mobil dari berbagai jenis. Kontestan dapat lebih mengeksplorasi gaya modifikasi mereka, demi menarik perhatian juri dan masyarakat.

Proses modifikasi dimulai awal Juni 2022. Lanjut sesi presentasi hasil kreasi para peserta pada Juli 2022. Setiap karya akan ditampilkan eksklusif, pada gelaran puncak IMX 2022 Oktober nanti.

Live Modz Challenge sendiri merupakan program modifikasi, yang sudah digelar sejak 2014 oleh workshop Signal Kustom. Sesuai namanya, program ini pertama kalinya di Indonesia, dijalankan dengan konsep modifikasi mobil nonstop selama 3 hari. Saat itu pesertanya adalah para modifikator tanah air. Program ini berhasil raih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI), dan konsep yang sama berjalan hingga 2017.


(uda)