Kontes Modifikasi

Tahun Belum Berganti, IMX 2023 sudah Dimulai

Meski 2023 masih sebulan ke depan, IMX 2023 mulai melakukan pemanasan. IMX2023
Meski 2023 masih sebulan ke depan, IMX 2023 mulai melakukan pemanasan. IMX2023

Autogear.id - Tahun 2023 memang masih berjarak sebulan lebih, namun beberapa acara otomotif nasional mulai melakukan persiapan bahkan sudah mulai melakukan pemanasan. Seperti yang digelar oleh Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) yang mengusung tagline “The Future of Creativity” mulai melakukan pemanasan di Beerhall kawasan SCBD Jakarta Selatan.

Acara tersebut merupakan pembuka gelaran IMX 2023 yang dihadiri oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian RI, Taufiq Bawazier dan Staf Ahli Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI Bidang Inovasi dan Kreativitas, Josua Puji Mulia Simanjuntak. Tahun ini, IMX akan membawa kreatifitas dalam perubahan tren industri otomotif Indonesia. 

"Saat ini kita tidak lagi bicara industri modifikasi kendaraan konvensional. Era elektrifikasi menjadi tantangan baru para modifikator di tahun-tahun mendatang dengan cara memperluas masa depan industri seiring dengan perkembangan tren kendaraan di dunia. Di sisi lain, industri modifikasi dan aftermarket bersama Kemenperin RI mendorong kreativitas anak muda agar modifikasi dan produk aftermarket bangkit," tegas Bamsoet sapaan akrab dari Bambang Soesatyo.

Hal lain disampaikan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian RI, Taufiq Bawazier. Menurutnya Taufiq, “Berkembangnya industri modifikasi dalam negeri tidak hanya akan memberikan nilai tambah melalui kreativitas dan inovasi, tetapi juga multiplier effect dengan berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket terutama yang berskala IKM”.

Baca Juga:
New CBR150R Dandan Jelang Akhir Tahun

"Sejalan dengan perkembangan industri modifikasi dan aftermarket dalam negeri saat ini mengalami perkembangan sangat pesat. Gelaran IMX 2023 “The Future of Creativity” merupakan strategi yang tepat untuk merangsang ekosistem industri komponen aftermarket. Ke depannya, kami mendorong agar NMAA sebagai asosiasi industri modifikasi menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSPro) untuk jasa industri modifikasi kendaraan bermotor, " tutup Taufiq.

Hal ini juga diakui langsung oleh founder dan Project Director IMX, Andre Mulyadi. Bahwa mereka dan industri kreatif otomotif ini selalu memperlihatkan perkembangan signifikan. Menginjak tahun ke-6, IMX menyambut positif era baru teknologi dan migrasi kendaraan listrik di Indonesia dengan menyajikan beragam program yang lebih menarik dan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Konsep terbaru ini turut didukung regulasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui lintas Kementerian yang ikut terlibat di dalamnya, termasuk Kementrian Perindustrian, Kemenparkekraf dan IMI selalu naungannya,” buka IMX Project Director, Andre Mulyadi.

Andre menambahkan, wujud inovasi dan kreatifitas anak muda terlihat dari munculnya para modifikator pemula, bahkan saat ini tren elektrifikasi dan migrasi kendaraan listrik di Indonesia mulai menjadi potensi baru yang dapat dikembangkan ke depannya. 

Baca Juga:
Hyundai Gelar Pameran Genesis G80 SE Eks KTT G20

“Secara bisnis, perkembangan otomotif dan aftermarket tumbuh beriringan dengan perkembangan teknologi di dunia untuk membuka jaringan guna memperkenalkan serta mengeksplorasi pasar industri modifikasi dan aftermarket Indonesia di masa depan,” ungkap Andre. 

Keseruan dari program-program event ini ‘The Future of Creativity’ akan tersaji dalam sejumlah ‘IMX series’ yang akan digelar di beberapa kota sepanjang tahun 2023 seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Sementara itu puncak acaranya akan digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall A – B JCC Senayan, Jakarta.


(uda)