6 Bahan Sederhana Penghilang Karat pada Velg Motor

Gambar oleh Michael Kauer dari Pixabay
Gambar oleh Michael Kauer dari Pixabay

Autogear.id - Seiring bertambahnya waktu, komponen motor juga mengalami proses penuaan. Misalnya saja velg, yang lambat laun mulai berkarat. Umumnya yang lebih cepat karatan yaitu velg tipe spoke wheel atau jari-jari. 

Perlu diketahui, karat adalah hasil korosi yang terjadi pada beberapa unsur logam, karena adanya proses oksidasi. Memang banyak faktor penyebab karat, selain usia kendaraan, bisa jadi akibat kurangnya perawatan. 

Cara menghilangkan karat pada velg motor sebenarnya cukup mudah, meski jarang yang melakukannya. Antara lain menggunakan sejumlah bahan sederhana, yang mudah didapat, yaitu: 

1. Minyak Tanah dan Abu Gosok
Sudah menjadi rahasia umum ketika menghilangkan karatan pada sejumlah benda dari besi atau logam, menggunakan kerosin atau minyak tanah. Ada yang ingin mendapatkan hasil lebih optimal, menambahkan abu gosok secukupnya pada minyak tanah tersebut. 

Buat yang belum tahu, abu gosok merupakan limbah hasil pembakaran kayu. Bentuknya berupa serbuk kasar, yang umumnya berwarna campuran putih, hitam dan abu-abu.

Untuk membersihkan velg motor, caranya ambil abu gosok sedikit demi sedikit pada kain, lalu beri minyak tanah secukupnya agar tidak terlalu encer. 

Selanjutnya gunakan untuk menggosok karat pada velg motor hingga benar-benar bersih. Selesai membersihkan dengan abu gosok dan campuran minyak tanah, cuci velg motor untuk menghilangkan sisa-sisa pembersihan.

2. Amplas Besi
Biasanya amplas digunakan untuk menghaluskan atau meratakan permukaan benda, bila benda tersebut ingin dicat ulang. 

Tetapi amplas, khususnya amplas besi, juga bisa dipakai untuk menghilangkan karat pada velg motor. Dengan catatan, digunakan apabila karat yang menempel pada velg motor tidak terlalu tebal. Hendaknya pilih amplas yang teksturnya relatif halus, dengan nomor 400.

Sebelum proses pengamplasan, basahi dulu velg dan amplasnya. Selanjutnya gosok amplas pada permukaan velg yang karatan, dengan sedikit tekanan supaya karat yang menempel pada rontok. Bisa juga menambah sabun colek, untuk mempermudah pengelupasan karat. Lalu siram velg dengan air bersih.

3. Air Soda
Cara lain untuk menghilangkan karat pada velg motor adalah dengan memanfaatkan air soda. Sifat asam pada soda mampu mengangkat karat yang menempel pada velg. 

Gunakan kain bekas, lalu basuh dan gosok berulang-ulang pada bagian yang berkarat. Setelah itu siram bagian yang sudah dibersihkan tadi menggunakan air. Boleh juga ditambah sedikit sabun.

4. Batu Hijau
Beli langsol atau batu hijau poles, bisa di toko online. Menghilangkan karat pada velg motor menggunakan batu hijau, caranya iris batu hijau kecil-kecil layaknya memotong gula merah. Kemudian campurkan dengan cairan Brasso, yang bisa dibeli di toko material. 

Selanjutnya, gunakan campuran tersebut untuk menggosok karat pada velg motor dengan kain atau kertas koran bekas. Fungsi Brasso di sini supaya mempercepat, dan memudahkan proses pengikisan karat.

5. Tanah Liat
Mungkin agak sedikit aneh, mendengar tanah liat sebagai penghilang karat velg motor. Karena salah satu penyebab velg karatan saja, pemilik kendaraan malas membersihkan tanah atau kotoran yang menempel pada velg.

Tetapi sebenarnya, tekstur tanah liat yang lembek bisa menyerap kotoran yang menempel pada sejumlah benda. Seperti menghilangkan karat pada velg motor, bahkan juga karat pada jeruji besi. 

Ternyata caranya pun sangat gampang. Cukup gosokkan tanah liat pada bagian velg yang berkarat, menggunakan bantuan potongan kain. Jika sudah selesai, basuh dengan air bersih untuk hilangkan sisa tanah yang menempel. Gampang kan?

6. Cairan Anti Karat
Terakhir, menghilangkan karat pada velg motor bisa menggunakan cairan khusus. Ini bisa diperoleh di toko-toko atau bengkel terdekat, karena memang dijual bebas. Namun dalam memilih, sebaiknya ambil produk dengan kualitas terbaik.

Harga cairan penghilang karat ini tak terlalu mahal, namun terbukti mampu membersihkan karat. Caranya, semprotkan cairan ini secara merata pada bagian berkarat. Lalu bersihkan dengan kain. Atau sebelumnya bisa dibersihkan dulu dengan air sabun, baru dilap dengan kain. Selamat mencoba.


(acf)