Balap Gokart

Kelas 'Racing Experience', Cara Promotor Gokart Jaring Peserta Baru

Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup Indonesia 2020 hadirkan kelas Racing Experience untuk mengakomodir peserta pemula yang ingin menjajal kejuaraan gokart.
Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup Indonesia 2020 hadirkan kelas Racing Experience untuk mengakomodir peserta pemula yang ingin menjajal kejuaraan gokart.

Autogear.id: Putaran kedua kejuaraan nasional Gokart bertajuk Eshark Rok Cup Indonesia 2020 bakal dihelat di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020) akhir pekan ini. 

Perwakilan promotor dari Eshark Motorsport, Ade Satyaningtyas mengatakan kemungkinan besar jumlah peserta tidak akan sebanyak balapan sebelumnya. Apalagi di bulan Februari lalu, sudah digelar tiga event internasional di Sentul Karting yakni Rok Cup Asia, Asian Karting Open Championship (AKOC), serta IAME Series Asia. 

"Untuk peserta mungkin tidak akan terlalu banyak. Karena selain kesibukan, tiga event beruntun di Sentul Karting bulan Februari lalu juga berpengaruh sehingga ada beberapa yang memilih absen di seri 2 besok. Ekspektasi kami sih jumlah peserta round 2 nanti kurang lebih sebanyak 60 starter," kata Ade kepada redaksi Autogear, Kamis (12/3/2020). 

Meski demikian, pihak promotor berharap satu kelas tambahan yang memang baru ada di tahun 2020 ini yaitu kelas Racing Experience bisa memeriahkan agenda kejurnas gokart round 2. 

Kelas Racing Experience adalah hasil kolaborasi Eshark Motorsport dan Interpid yang ditujukan untuk pemula dengan usia di atas 17 tahun. 

"Kelas Racing Experience ini konsepnya seperti rental gokart. Jadi mereka diberi kesempatan untuk pengenalan gokart dan sirkuit. Sama seperti peserta kejurnas, peserta Racing Experience juga ikutan dari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Mulai dari latihan bebas, qtt, heat, hingga race final," terang Ade. 

Ade juga menambahkan sejauh ini, para peserta kelas Racing Experience merupakan undangan dari beragam komunitas. Baik itu komunitas pembalap mobil, hingga komunitas pembalap motor. 

"Konseptornya Firhand Ali, dia yang ngundang dari berbagai komunitas. Siapa tau dari mereka ada yang ngajak anaknya juga untuk ikut kompetisi gokart. Ujung-ujungnya kan nambah peserta juga," beber Ade. 

Selain kelas Racing Experience, adapun kelas-kelas utama yang dilombakan di kejurnas Eshark Rok Cup Indonesia antara lain Cadet Rok, Mini Rok, Junior Rok, Senior Rok, Rok Shfiter 150, Expert, hingga Shifter University. 


(uda)