Industri Otomotif

Segmen LCGC Laris Manis, Brio Kontributor Terbesar Honda

All New Honda Brio. hpm
All New Honda Brio. hpm

Autogear.id: Sejak tiga bulan terakhir, untuk pertama kalinya pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan tren yang positif. Sepanjang bulan Juni 2020, Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia, meningkat 93% dibandingkan penjualan pada bulan Mei.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif. 

Adapun faktor pendukung lainnya adalah tingginya minat terhadap mobil LCGC serta perusahaan pembiayaan yang saat ini mulai berangsur normal.

"Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit. Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia,” ujar Billy dalam keterangan resminya.

Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52% dari total penjualan seluruh model Honda. Selain itu, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit.

Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

50 persen penjualan via online

Dari total penjualan Honda di bulan Juni, lebih dari setengahnya berasal dari penjualan via online. Hal ini juga merupakan dampak dari komitmen Honda yang memberikan kemudahan dan keringanan untuk konsumen yang membeli mobil secara online. 

Pembelian kendaraan via jalur digital juga diimbangi Honda dengan meningkatkan layanan digitalnya, meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam. 

Hal yang sama juga dilakukan oleh para kompetitor mengingat prilaku konsumen yang sudah mulai bergeser sejak pandemi. Suzuki, Toyota, Mitsubishi, BMW dan brand otomotif lainnya saat ini juga terus mengembangkan layanan digital termasuk pembelian kendaraan via online. 


(uda)