Balap Simulator

Pekan Ini, Pembalap Nasional Siap Tarung di Kompetisi Simulator

Sean Gelael jadi peserta di kejuaraan simulator berlabel Ramadhan Balap Indonesia 2020. dok medcom
Sean Gelael jadi peserta di kejuaraan simulator berlabel Ramadhan Balap Indonesia 2020. dok medcom

Autogear.id: Kejuaraan balap simulator menjadi alternatif terbaik di saat pandemi seperti sekarang ini. Bahkan kejuaraan dunia seperti MotoGP hingga F1 pun mulai beralih menyelenggarakan balapan virtual untuk mengisi kekosongan jadwal balap yang sedang vakum. 

Tak hanya di luar negeri, demam simulator nyatanya juga menjangkit komunitas otomotif serta para pembalap nasional. Akhir pekan ini, kejuaraan simulator bertajuk “Ramadhan Balap Indonesia 2020” siap digelar. 

“Ramadhan Balap Indonesia 2020” digelar lima putaran selama bulan puasa dengan mengusung konsep online. Para peserta berkompetisi dari rumah masing-masing. Video game yang digunakan adalah jenis balap touring dan di setiap serinya memakai sirkuit dan mobil yang berbeda-beda. 

"Dalam situasi Pandemic yang kita semua hadapi saat ini, kami dari tim BDR (Balap di Rumah) yang terdiri dari Rizal Sungkar sebagai Orginizing Committee, Bani Ismiarso sebagai Racing Committee dan adapun juga beberapa anggota panitia lainnya yang berada dalam susunan panitia seperti Rama Danindro, Andhika Rama Maulana, Tubagus Farhan, Putra Baliwa, Ilham Shaq dan juga Prawira Jalu yang akan mengisi posisi sebagai Steward," ujar Bani Ismiarso selaku penyelenggara. 

Tidak tanggung-tanggung, kompetisi ini juga diikuti oleh beberapa pembalap kenamaan Tanah Air seperti Sean Gelael, Zahir Ali, Avan Abdullah, Akheela Chandra, Alinka Hardianti, serta Rizal Sungkar dan masih banyak nama-nama pembalap Indonesia lainnya. 

"Sedangkan peserta dari pembalap simulator diikuti oleh Jaka Siswoyo, Arwin Taruna, Reza Harianto, Attaya Kenzie, Fadhli Rachmat dan beberapa pro sim lainnya," lanjut Bani.

Bani juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sponsor yang mendukung ajang Ramadhan Balap Indonesia 2020, seperti Mclaren Club Indonesia, RFT Motorsport, GT-Sim ID, Balwerk Media, Kyabin Coffee, Kyabin Studio dan juga Renatama. 

"Karena McLaren Club Indonesia suport kita, jadi di round 1 (pembuka) dan round 5 (penutup) balapnya pakai mobil McLaren," beber Bani. 

Jadwal Ramadhan Balap Indonesia 2020: 

Round 1 (9-10 Mei): Zandvoort, McLaren 650S GT3
Round 2 (13-14 Mei): Red Bull Ring, Porsche 911 GT3R
Round 3 (16-17 Mei): Monza, Ferrari 488 GT3
Round 4 (20-21 Mei): Barcelona, BMW Z4 GT3
Round 5 (22-23 Mei): Silverstone, McLaren 650S GT3


(uda)