Motor Baru

All New Honda Vario Kini Gendong Mesin 160cc, Pakai Mesin PCX160?

All New Honda Vario 160 kini gendong mesin 160cc punya PCX? Apa saja yang istimewa? Simak ulasannya. AG/Ahmad Garuda
All New Honda Vario 160 kini gendong mesin 160cc punya PCX? Apa saja yang istimewa? Simak ulasannya. AG/Ahmad Garuda

Autogear.id - Diluncurkannya All New Honda PCX 160 tahun lalu, menjadi indikasi bahwa semua motor yang menggunakan mesin 150 cc di jajaran skutik milik pabrikan tersebut akan berubah jadi 160 cc. Hal itu terbukti hari ini, Rabu (2/2/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Vario yang sebelumnya menggunakan mesin 150 cc menjadi 160 cc. 

Tapi apakah benar motor ini tak mengubah apa pun yang ada di Honda PCX 160? Jika melihat secara detail dan dari penjelasan yang diberikan oleh pihak Honda, mesin yang digunakan vario kini, memang benar mesin dari PCX generasi terbaru. 

Lalu apa saja perubahan yang disematkan brand dengan sayap mengepak ini ke motor tersebut? Berdasarkan keterangan yang mereka sebutkan di sesi peluncuran produk, perubahan yang dilakukan terbilang menyeluruh pada mesin, rangka, desain dan fitur yang diklaim semakin canggih. Berbekal mesin performa tinggi berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power Plus (eSP+), mesin ini juga merupakan mesin yang sama dari PCX160 yang tahun lalu lebih dulu dipasarkan. 

embed

President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Keiichi Yasuda mengatakan berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur sengaja mereka kembangkan di motor ini. “Beragam penyematan fitur dan teknologi canggih yang dilengkapi mesin terbaru 160cc serta desain premium sporti di motor ini, kami yakini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan.”

Baca Juga:
Honda New Accord Tampil Lebih Fresh, Yuk Intip Ubahannya!

Menurut oleh Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman bahwa mereka secara konsisten terus memberikan layanan terbaik melalui jaringan penjualan dan servis yang tersebar di pelosok negeri. "Kami berharap kehadiran All New Honda Vario 160 dapat semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap produk skutik Honda.”

Desain Lebih Premium Sporti dan Fitur Canggih
Tampilan berkelas motor ini sangat kuat melalui logo dan desain keseluruhan. Ukuran bodi yang lebih gambot dengan karakter garis sporti, didukung ukuran ban tubeless yang lebih lebar, depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14. Kemudian ditambah kombinasi velg berwarna burnt titanium pada tipe ABS memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara serta tampilan yang semakin berkelas. 

embed

Skutik premium sporti ini dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan yang canggih seperti Honda Smart Key System yang dilengkapi alarm dan answer back system yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara. Pada tipe ABS sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Antilock-Braking System (ABS) dan peranti rem posisi belakang sudah dilengkapi rear disc brake.

Model ini juga telah didukung dengan USB charger type A, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya tanpa perlu menggunakan tambahan adapter. 

Baca Juga:
Ferrari Daytona SP3 jadi Supercar Tercantik, Apa Kelebihannya?

Di sektor penerangan, motor ini dilengkapi lampu LED pada semua sistem tata cahaya. Model ini juga dilengkapi full digital panel meter dengan informasi yang lengkap antara lain indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, indikator Smart Key, jam digital, fuel consumption, indikator tegangan baterai, indikator penggantian oli, trip meter, indikator ISS, dan indikator ABS pada tipe ABS.  Desain bodi yang besar mampu memberikan kapasitas bagasi 18 liter memberikan ruang dengan tampilan desain flat deck dalam menemani aktivitas harian pengendara.

Performa Mesin Baru  
Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta motor skutik premium sporti, performa tinggi dan beragam teknologi fitur canggih yang disematkan menjadi penyempurna di motor ini. Mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm @7000 rpm. 

embed

Dalam memberikan kenyamanan dan mendukung performa tinggi, motor ini dibekali teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Dengan rangka baru ini diklaim kian lincah dan mudah dikendarai. Model ini mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 46,9 km/liter. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system dengan metode pengetesan WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) EURO 3.

Dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS dengan pilihan warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White dengan banderol on the road (OTR) DKI Jakarta Rp25.800.000. Semenara tipe ABS memiliki velg dengan warna burnt titanium dibanderol Rp28.500.000.


(uda)