Balap Simulator

'RBI 2020' Ukir Sejarah Baru Balap Simulator Indonesia

Balap di Rumah 'RBI 2020' sukses terselenggara lima putaran selama Ramadan. bdr
Balap di Rumah 'RBI 2020' sukses terselenggara lima putaran selama Ramadan. bdr

Autogear.id: Kejuaraan balapan simulator berlabel Ramadhan Balap Indonesia (RBI) 2020 memasuki seri pamungkas atau seri final (round 5) yang akan berlangsung Sabtu (23/5/2020) malam. 

Kejuaraan yang digagas oleh tim Balap di Rumah (BDR) ini sukses mencatatkan beberapa torehan positif dalam sejarah kompetisi balap simulator Indonesia yang dikemas secara online dan disiarkan live streaming. 

Tak hanya itu, dari sisi peserta kompetisi RBI 2020 ini juga berhasil mencetak rekor jumlah peserta yang diikuti oleh para pembalap simulator (sim racer) serta pembalap profesional (pro racer). Tidak tanggung-tanggung dari lima seri RBI 2020 yang digelar, jumlah peserta konsisten di angka rata-rata 80 peserta setiap seri. 

Perwakilan panitia dari tim BDR, Rama Danindro mengaku puas dengan penyelenggaraan RBI 2020. "Secara umum kami puas. Kompetisi ini menjadi balapan simulator online terbaik yang pernah digelar. Serta diikuti oleh banyak sim racer terbaik Indonesia. Jumlah peserta selalu tembus 80 starter, dan viewer saat live rata-rata 8 ribu," ujar Rama Danindro. 

Rama menambahkan, dengan kesuksesan RBI 2020 ini, tim BDR yang terdiri dari Rizal Sungkar, Bani Ismiarso, Andhika Rama Maulana, Tubagus Farhan, Putra Baliwa, Ilham Shaq dan juga Prawira Jalu rencananya berniat akan menggelar kompetisi ini secara reguler setiap tahun. 

"Kita rencananya akan mengadakan RBI ini reguler setiap tahun, di setiap bulan Ramadhan. Selain itu, kita juga berniat kembali membuat event simulator di bulan Juni mendatang. Kita akan melakukan evaluasi dan mencoba memperbaiki kekurangan demi mengemas kompetisi ini lebih berkualitas lagi ke depannya," lanjut Rama. 

Sementara itu, seri final RBI 2020 yang berlangsung akhir pekan ini juga akan menjadi penentuan gelar juara umum Ramadhan Balap Indonesia (RBI) 2020. Adapun gelar juara umum bakal diperebutkan dua kandidat dari peserta sim racer antara lain Jaka Siswoyo dan Arwin Taruna. 

RBI 2020 round final (seri 5) menggunakan lintasan Sirkuit Silverstone, Inggris dengan kendaraan McLaren 650S GT3. Seperti biasanya sesi race akan ditayangkan secara live streaming di akun youtube resmi Balap di Rumah mulai pukul 20.00 Wib.


(uda)