Serba-Serbi MotoGP

Pertama Kalinya Rider Portugal Menang di MotoGP, Siapakah Miguel Oliveira?

Miguel Oliveira (tengah) raih kemenangan perdananya di MotoGP. twitter/ktmtech3
Miguel Oliveira (tengah) raih kemenangan perdananya di MotoGP. twitter/ktmtech3

Autogear.id: MotoGP Styria 2020, Minggu (23/8/2020) menghadirkan banyak drama menarik. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah keberhasilan pembalap KTM Tech3, Miguel Oliveira yang mampu keluar sebagai pemenang.  

Oliveira mencatatkan diri dalam sejarah MotoGP sebagai rider Portugal pertama yang berhasil menjuarai seri MotoGP. Tak hanya itu, kemenangan yang diraih Oliveira juga layak dikenang sebagai salah satu balapan paling seru di MotoGP 2020. 

Bagaimana tidak, saat semua orang menebak pemenang MotoGP Styria antara Miller dan Pol Espargaro, tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring menjadi saksi kecerdikan Miguel Oliveira.

Ia mencuri keuntungan dari 'figth' Miller vs Pol di tikungan terakhir sekaligus mengelabui dua pembalap tersebut untuk mengunci podium pertama. 

 

 

 

Sedikit kilas balik karir Oliveira di ajang balap kuda besi, pembalap dengan nomor '88' ini merupakan salah satu pembalap berbakat yang memulai kiprahnya dari kelas 125cc (Moto3) di tahun 2011. 

Prestasi Oliveira memang tidak terlalu mentereng, ia belum sekalipun menggondol titel juara, namun pembalap 25 tahun ini selalu menjadi pesaing terkuat dimanapun ia berkompetisi. Prestasi terbaik Oliveira adalah runner up Moto3 2015 dan runner up Moto2 tahun 2018. 

Oliveira bergabung dengan tim Prancis Tech3 saat mereka beralih menjadi tim satelit KTM di tahun 2019 lalu. Di musim perdananya di MotoGP, pembalap kelahiran 4 Januari 1995 ini meraih 33 poin dan menempati peringkat 17 klaseme akhir. 

Miguel Oliveira sempat ditawari kursi tim pabrikan saat Johann Zarco mundur lebih awal dari KTM. Hanya saja, ia menolak sehingga kursi tersebut jatuh kepada Brad Binder. 

Sebagai tambahan, kemenangan Oliveira di MotoGP Styria juga secara tidak langsung menegaskan progres signfikan KTM. Sebelumnya Oliveira, Brad Binder juga sempat mencuri perhatian dengan berhasil menjuarai seri Brno awal Agustus lalu. 


(uda)