Vespa Jadul

Sepenggal Kisah Vespa Super 1979 Edisi HUT Jakarta

Vespa Super tahun 1979 edisi HUT Jakarta ke-450. jdl
Vespa Super tahun 1979 edisi HUT Jakarta ke-450. jdl

Autogear.id: Vespa langka memiliki kharismanya sendiri. Karena itu, tidak mengherankan harga jual Vespa jadul nan lawas terkadang bikin geleng-geleng kepala. 

Sadar akan nilai Vespa lawas, banyak orang yang kini lebih memilih untuk merawat Vespa tua, apalagi unit tersebut memiliki sejarah sendiri.

Salah satu koleksi Vespa yang cukup bersejarah di Indonesia tidak sengaja kami temukan saat menyambangi tempat seorang rekan, yaitu sebuah Vespa Super tahun 1979 edisi ulang tahun Jakarta ke 450. 

Vespa ini cuma diproduksi sebanyak 100 unit oleh PT Danmotor Indonesia, dan diluncurkan pada saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada tahun 1979. Vespa ini sudah menggunakan CDI untuk pengapianya dengan ciri khas ekslusif yakni emblem HUT Jakarta ke-450. 

Semakin spesial, Vespa Super edisi HUT 450 Jakarta ini diluncurkan oleh Gubernur DKI jaman itu yakni Letnan Jenderal TNI (Purn) Tjokropranolo atau yang lebih akrab dengan panggilan Bang Nolly.

Sang pemilik cukup beruntung mendapatkan Vespa ini, pasalnya unit tersebut dibeli dalam kondisi sudah restorasi. 

"Sebelum dapetin motor ini saya cari vespa VBB tapi nggak ada yang cocok barangnya. Nah terus temen nawarin Vespa Super ini, awalnya nggak tertarik sama kelangkaanya, saya malah tertarik dengan restorasinya. Pas saya beli sudah tinggal ngegas aja nggak perlu banyak dandan,” ujar Guteng, sang owner. 

Saking sayangnya dengan koleksi tersebut, Guteng mengaku tidak pernah mengendarai Vespa Super miliknya untuk touring melainkan hanya dipakai untuk sekedar Kopdar.

“Motor ini belum pernah dipakai touring karena saya sibuk di warung, tapi kalau kopdar sama anak-anak komunitas Vespa sih sering,” beber Guteng.


(uda)